Tiga Event Besar Ini Bakal Didanai IQTF, Setelah Prabowo Dilantik Jadi Presiden

KLIKNUSAE.com - Ada tiga event besar berskala internasonal yang akan mendapatkan anggaran atau supporting dari Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF). Atau Dana Abadi Pariwisata Berkualitas.

Inisiatif ini mencuat setelah Presiden Joko Widodo membatalkan rencana pungutan wisata melalui tiket pesawat guna membentuk IQTF.

Sebagai penggantinya, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 triliun yang akan dialokasikan dari APBN. Dan, diproyeksikan masuk dalam RAPBN 2025.

IQTF sendiri dirancang untuk mendukung acara-acara yang mampu menggerakkan ekonomi, menarik wisatawan, dan mengharumkan nama pariwisata Indonesia di kancah dunia.

BACA JUGA: Kemenparekraf Siapkan Dana Awal Rp2 Triliun untuk Indonesia Quality Tourism Fund

“Rencananya event ini akan dikurasi di tahun ini dan dimintakan persetujuan Bapak Presiden terpilih, Pak Prabowo Subianto. Yakni, setelah beliau dan pemerintahan baru bertugas di Oktober 2024,” kata Menparekraf  Sandiaga Uno saat ditemui di Balkondes Wanurejo, Borobudur, Magelang, Kamis 11 Juli 2024.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengungkapkan ada sejumlah acara yang akan didanai melalui IQTF.

Termasuk di antaranya event olahraga seperti MotoGP, F1 Powerboat, MXGP, Aquabike, dan beberapa event kelas dunia lainnya.

BACA JUGA: GIPI Jabar Ingatkan Program Tourism Fund Harus Tepat Sasaran

Sandiaga menambahkan bahwa IQTF juga akan menyokong acara musik, budaya, dan ekonomi kreatif.

Ia menegaskan bahwa dana tersebut tidak akan memungut iuran dari wisatawan.

“Tidak membebankan sama sekali. Tolong digarisbawahi. Tidak ada satu rupiah pun dari wisatawan yang akan dipungut.B baik melalui tiket pesawat maupun tiket masuk ke destinasi wisata,” paparnya.

IQTF akan dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan, yaitu Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya