Banjarmasin Akan Kembangkan Transportasi Wisata Sungai

KALSEL, KLIKNUSAE.com - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan menambah sarana transportasi untuk wisata sungai yang menjadi potensi utama pariwisata daerahnya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menaruh program penambahan sarana tranportasi wisata sungai ini menjadi target prioritas. Dirinya menargetkan program ini rampung pada 2022 mendatang.

"Nah ini harus diagendakan untuk master plan, saat ini sudah ada 5 shelter dan dermaga yang sudah kita bangun, dan tahun ini harus ditambah lagi untuk bisa operasional," kata Ibnu, dilansir Kliknusae.com dari Antara, Jumat, 25 Juni 2021.

Ia memaparkan bahwa sarana transportasi wisata sungai ini akan ditambahkan kapal jenis klotok, dengan desain yang ramah bagi wisatawan.

Menurut Ibnu Sina, program ini akan menambah transportasi massal di wisata sungai. Selain itu, transportasi sungai juga menjadi alternatif untuk dapat mengurai kemacetan.

"Di pintu masuk sungai Lulut itu kan sudah ada transportasi sungainya, kita cobalagi bikin 4 atau 5 unit dulu," ujarnya.

Sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memang mengembangkan potensi tersebut menjadi atraksi wisata. Misalnya, wisata siring sungai Martapura di Jalan Piare Tendean di Banjarmasin Tengah.

Sebelum masa pandemi Covid-19, Objek wisata di Banjarmasin meliputi menara pandang, patung raksasa bekantan, pasar terapung setiap akhir pekan, juga ada aneka kuliner hingga susur sungai itu, dikunjungi sekitar 6.000 wisatawan setiap pekannya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya