Ratusan Jukung Siap Meriahkan Festival Pasar Terapung Lok Baintan

Kliknusae.com - Pasar Terapung sebagai ikon pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel), banyak dijadikan objek beberapa event pariwisata. Seperti halnya "Festival Pasar Terapung Lok Baintan" yang diadakan di Lok Baintan, Kabupaten Banjar.

Lokasinya masih di kawasan Sungai Martapura, tepatnya di dermaga Lok Baintan, di bawah jembatan Jalan Gubernur Sarkawi, sekitar 4 km dari Jembatan Lok Baintan. Lokasi ini dipilih dengan beberapa pertimbangan, diantaranya aksesibilitas pengunjung serta daya tampung pengunjung dan peserta.

Tempat yang berada di sebelah timur dari Kota Banjarmasin ini, dapat ditempuh dengan menggunakan perahu (kelotok) sekitar satu jam perjalanan. Dan menggunakan mobil maupun sepeda motor sekitar 30-40 menit.

Seperti dilansir laman pesona.travel, Festival Pasar Terapung Lok Baintan tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 November 2019. Dimulai sejak subuh sekitar pukul 05.00 WITA hingga pukul 11.00 WITA. Acara akan diawali dengan Jukung Tanglong, berupa jukung hias warna-warni dan dilanjutkan dengan kegiatan pasar terapung hingga siang hari.

Berbeda dengan kondisi pasar terapung  yang biasanya selalu bergerak mengikuti arus sungai, Pasar Terapung dalam rangkaian festival ini dapat dikatakan diam di tempat. Entah karena memang ditambatkan atau karena padatnya jukung peserta, hingga kesulitan untuk bergerak dan berpindah tempat. Namun yang jelas kondisi ini cukup menguntungkan bagi yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan kameranya.

Hal menarik dari Festival Lok Baintan, yaitu jumlah peserta (jukung) yang cukup masif dengan warna-warni dari pakaian dan jukung peserta, menjadikannya sebagai objek yang fotogenik dan indah untuk difoto. Tidak mengherankan bila event ini pun menjadi favorit para fotografer.

Saking banyaknya, jukung yang ikut serta memeriahkan acara ini bisa memenuhi separuh dari lebar ruas Sungai Martapura yang berjarak hampir 100 meter. Pada Festival Lok Baintan tahun sebelumnya, jumlah peserta mencapai 500 jukung. Tahun ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Banjar menargetkan jumlah peserta sebanyak 600 jukung yang akan memeriahkan gelaran ke-4 Festival Lok Baintan.*** (IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait