Bumi Sangkuriang,140 Tahun Kehadirannya Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Kliknusae.com -Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang atau sering juga dikenal dengan sebutan BS adalah salah satu destinasi heritage yang memiliki keasrian alam khas Kota Bandung. Sejuk,memiliki udara bersih,area yang luas menjadi keunggulan tersendiri.

Tak salah, jika selebriti Raffi Ahmad memiliki tempat ini sebagai acara resepsi pernikahan. Ketika itu BS menjadi hajatan ngunduh mantu Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina.

Jauh dari kebisingan kota,tapi cukup dekat untuk dijangkau dari Kota Bandung, Bumi Sangkuriang tak sekedar  sebuah lokasi wisata di tengah alam yang masih sejuk dan asri, dengan hamparan rumput hijau dan pohon pinus yang menegelilingi taman dan kolam renang di tengahnya.

Dibalik keindahan tersebut, BS memiliki catatan panjang perjalanan. Melampui batas-batas sejarah. Mulai dari perkumpulan yang didirikan beberapa orang Eropa (Belanda) pada tahun 1870 dengan nama Societeit Concordia,Country Club Concordia hingga menjadi Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang.

"Dari awal berdiri hingga sekarang, tujuan perkumpulan ini adalah ingin mempererat pergaulan yang bersifat ramah-tamah," kata Ketua Badan Pengurus BP Sangkuriang, Dr.Ir Bambang Widyanto, pada suatu hari saat berbincang-bincang dengan Kliknusae.com, akhir Juli 2019 lalu.

Sesuai SK Menteri Kehakiman tanggal 21 Februari 1974 no Y.A.5/48/10 (tambahan berita acara negara RI tanggal 10 Mei 1974 no 38, iklan no 6/1974) perkumpulan ini kemudian diperluas dengan tujuan mempererat dan memperluas pergaulan antara para anggitanya,khususnya dengan masyarakat pada umumnya.

Membina dan memajukan berbagai kesenian dan kebudayaan. Dan terakhir, membina serta memajukan berbagai olahraga dan memberi kesempatan untuk berekreasi.

Bumi Sangkuriang sendiri menempati area seluas kurang lebih 2 hektar dan pengelolaannya diserahkan secara profesional kepada mereka yang expert di bidang hospitality.

"Keuntungan dari hotel,fasilitas olahraga, dan restoran inilah yang untuk membiayai kebutuhan operasional Bumi Sangkuriang. Selama ini keberadaan BS murni dibiayai  dari keanggotaan. Namun dengan perkembangan zaman,tentu tidaklah cukup jika mengandalkan dari iuran anggota saja," jelas Bambang.

Sebelum pindah ke Jalan Kiputih 12 di daerah Ciumbuleuit Bandung Utara,BS awalnya bertempat di "Gedung Concordia" yang berlokasi dipojok antara Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga atau yang sekarang dikenal dengan nama Gedung Merdeka.

Bertepatan dengan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika pada 18-24 April 1955 digedung tersebut,maka pemerintah mengambil inisiatif untuk mengambil alih "Gedung Concordia".

Sebagai kompensasinya pemerintah memberikan lahan pengganti seluas 2 hektar bekas kebun karet yang saat ini ditempati BS.

Dari situ, pengurus Societeit Concordia mendirikan bangunan yang dibereni nama Country Club Concordia. Gedung tersebut dibangun oleh N.V de Concurent,Bandung pada tahun 1957.

Karena status hukumnya milik para anggota, makan BS tidak bisa diambil pemerintah atau diperjualbelikan.

Kini BS menjadi salah satu bangunan heritage yang dilindungi. Dalam setiap periode dilakukan pergantian kepengurusan sesuai dengan hasil forum.

Seiring dengan perjalanan waktu,BS kemudian menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara.  Termasuk wisatawan dari luar kota. Tempat ini memang sangat pas karena memiliki areal yang cukup luas dengan konsep semi outdoor.

Dengan konsep baru dan sangat lengkap dan bervariasi, Bumi Sangkuriang menawarkan ragam wisata menarik.

Sebuah Cafe dan Resto Concordia berdiri disi kolam renang berpadu dengan  penginapan di Bandung yang eksotis;Hotel Concordia.

Tidak cukup hanya itu saja, kini tempat ini telah dilengkapi fasilitas lengkap mulai dari tempat sport, playground, mendengarkan music hingga tempat belajar menari di bandung yang rekomended tersedia di sini.

Bumi Sangkuriang ini benar-benar di konsep untuk memberikan banyak kegiatan dan kenyamanan tamu atau pengunjung sehingga akan betah berlama-lama.

Banyak kegiatan karena tempat ini dilengkapi banyak fasilitas yang bisa anda manfaatkan, sementara nyaman karena tempat ini bisa dikatakan sebagai sebuah kawasan wisata dengan konsep terpadu, dimana jika anda datang ke sini, semua yang ada butuhkan sudah tersedia di sini.

Ada 25 kamar dengan tiga pilihan kamar yang disediakan oleh Hotel Bintang 3 Corcordia Bandung yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan budget.

Tipe kamar yang tersedia adalah mulai, Deluxe Room, Classic Room dan Dutch Room. Dengan fasiltas kamar yang luxurius dan dilengkapi  wifi gratis.

Bagi pecinta kuliner Bandung, ada banyak sekali ragam menu kuliner yang ditawarkan oleh restoran concordia, mulai dari makanan khas Bandung dan aneka kuliner terkenal indonesia, Asian Cuisin hingga European and western food tersedia.

Semuanya dijamin bercita rasa nikmat dan lezat dengan cara menikmatinya tentunya di tempat yang istimewa.

Nah, dalam waktu dekat,tepatnya 14 September 2019 mendatang,BS akan menggear Pagelaran Akbar Seni Budaya dan Kuliner Nusantara 140 tahun "Semarak Seni Budaya Nusantara".

Dalam even tersebut aka nada acara napak tilas,tarian daerah,kuliner nusantara,lagu daerah,fashion show busana daerah dan talkshow.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait