Keindahan Bukit Keles Luwuk Dimalam Hari

JELAJAH NUSA - Memilih Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk berlibur, kota kecil ini jangan dilewatkan. Ya, Kota Luwuk,Kabupaten Banggai, yang berjarak kurang lebih 610 KM dari Kota Palu (Ibu Kota Sulteng) ini menyimpan potensi wisata yang layak untuk di kunjungi.

Untuk menuju ke Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui transportasi darat, laut maupun udara. Dari Kota Palu,Luwuk  dapat ditempuh melalui jalan darat seperti bus-bus kecil dan sedang atau kendaraan pribadi.

Bagi yang berminat menggunakan transportasi udara ada  4 perusahaan penerbangan (Garuda, Sriwijaya Air, Wings Air dan Express Air) yang melayani rute-rute penerbangan reguler setiap hari menuju Luwuk dari Palu, Makassar dan Manado.

Sedangkan pintu masuk melalui laut adalah melalui Pelabuhan Luwuk yang dilayani oleh kapal Pelni (KM.Tilong Kabila) dengan rute Luwuk ke Makassar dan Luwuk ke Bitung (Manado), serta melalui Pelabuhan Pagimana yang dilayani dengan kapal penyeberangan ASDP dengan rute Pagimana-Gorontalo.

Luwuk juga menjadi akses poin utama bagi transportasi lanjutan menuju ke Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut yang dilayani dengan kapal penyeberangan maupun kapal angkutan rakyat yang tersedia setiap hari.

Salah satu,destinasi favorit di Luwuk adalah  Bukit Keles yang menawarkan keindahan Kota Luwuk di malam hari. Untuk bisa menikmati keindahan malam di Kota ini pengunjung bisa  langsung  mengunjungi kafe yang namanya bikin baper "Kafe Bukit Kasih Sayang" yang tidak jauh dari pusat Kota Luwuk. Malam-malam sambil ngopi bersama orang tersayang, sungguh memberikan arti tersendiri.

Ada lagi  Bukit Teletubies. Di bukit ini bisa menyaksikan pemandangan padang rumput yang hijau sepanjang mata memandang. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Cafa© di Bukit Keles yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dari situ.

Jalan yang di tempuh menuju bukit ini juga terbilang bagus dan mudah untuk dilewati kendaraan. Walau pun dapat di kunjungi kapan saja, saat pagi dan sore hari menjadi waktu yang pas menikmati padang rumput ini karena pencahayaan dari terbit dan senja matahari akan membuat Bukit Teletubies versi Luwuk ini semakin indah untuk di pandang.

Bosan memandangi perbukitan, Pantai Kilo Lima bisa menjadi pilihan lainnya.Pantai ini masih berada di Kota Luwuk yang di penuhi terumbu karang yang indah dengan air yang biru. Unik, ada pantai dengan terumbu karang yang masih terjaga ditengah kota.Untuk menikmati Pantai ini tidak di pungut biaya

Nah, selamat mengelilingi Kota Luwuk.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya