Ratusan Pedagang Pasar Baru Ikuti Kegiatan Cek Kesehatan Gratis, Ini Manfaatnya

KLIKNUSAE.com - Manajamen Pasar Baru Trade Center (PBTC) Bandung kembali menggelar kegiatan sosial cek kesehatan gratis, pada Sabtu 7 September 2024.

Setelah sebelumnya sukses mengadakan aksi donor darah, kali ini pasar tradisional terbesar tersebut melaksanakan cek kesehatan kepada masyarakat umum. Khususnya, para pedagang di Pasar Baru.

Mereka mendapatkan pelayanan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Babatan, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

BACA JUGA: Kemenparekraf Undang Industri Kesehatan dari Tiongkok, Perkuat Medical Tourism

Dimana, masyarakat bisa melakukan pengecekan gula darah, tensi, tekanan darah dan kesehatan jiwa secara gratis.

“Bagi kami kegiatan seperti ini sangat membantu. Kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Pasar Baru yang sudah melaksanakan kegiatan cek kesehatan seperti ini,” kata, Risda, salah seorang pedagang pakaian di Pasar Baru.

Hal senada juga dikemukakan Rani, pegawai salah satu konter pakaian yang ikut melakukan cek kesehatan.

BACA JUGA: Sebagai Aset Perusahaan, Kesehatan Karyawan Menjadi Penting

Mendorong Pentingnya Kesehatan

“Saya kan sering pusing, terus denger mau ada cek kesehatan gratis, makanya saya datang kesini,” aku Rani–yang datang bersama temannya.

Sementara itu, Untung BW Direktur Marketing PT. DAM SawargaManiloka Jaya (DSMJ)--selaku pengelola PBTC mengatakan bahwa pihaknya memberikan layanan gratis ini untuk mendorong kesadaran masyarakat, pentingnya menjaga kesehatan.

“Kita juga sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan donor darah. Kali ini kami memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada para pedagang dan masyarakat umum di sekitar sini (Pasar Baru,” kata Untung.

BACA JUGA: Menparekraf Sandi Akan Kembangkan Wisata Kesehatan, Seperti Apa Ya

Sebagaimana diketahui, manfaat pemeriksaan kesehatan rutin memang tidak bisa dipungkiri akan memberikan dampak positif kepada seseorang.

Paling tidak, dapat memberikan informasi tentang status kesehatan pengguna layanan. Termasuk, mendeteksi penyakit secara dini, dan membantu merencanakan pengobatan tepat waktu.

Terutama untuk penyakit tidak menular seperti kanker atau penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: Pasar Baru Trade Center Kembali Gelar Kegiatan Sosial Donor Darah

Pemeriksaan kesehatan rutin membantu mengurangi rawat inap di masa depan dan biaya terkait serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018 menunjukkan bahwa hanya 3 dari 10 orang penderita penyakit tidak menular yang terdeteksi dan sisanya tidak terdeteksi.

BACA JUGA: Komisi B DPRD Kebumen Kagum Terhadap Pengelolaan Pasar Baru Trade Center Bandung

Atau tidak mengetahui bahwa dirinya sakit. Adapun 70 persen penderita kanker baru terdeteksi pada stadium lanjut.

Karena penyakitnya seringkali tidak menunjukkan gejala pada stadium awal dan baru terasa pada stadium lanjut.

Dan bahkan sudah terjadi komplikasi, sehingga upaya deteksi dini melalui pemeriksaan kesehatan secara berkala sedikit-banyak dapat mencegah keparahan penyakit tersebut. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya