Situ Lembang Dipercantik, Penjabat Gubernur Bey Ikut Bersih-bersih Sampah

KLIKNUSAE.com – Situ Lembang yang berada di Kabupaten Bandung Barat kini dipercantik dengan beberapa pembenahan infrastruktur.

Tak hanya itu, danau yang terletak di ketinggian 1574 m, dan memiliki luas sebesar 0,40 km² ini sekarang makin hijau karena adanya reboisasi (penanaman hutan kembali).

Belum lama ini, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengungkapkan, penanaman pohon, pembersihan sampah, dan penebaran benih ikan di Situ Lembang sebagai upaya untuk terus menjaga ekosistem lingkungan.

"Saya bersama Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar sangat mendukung acara seperti ini karena ini menjaga lingkungan kita," ucap Bey Machmudin saat ditemui di Situ Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 27 Januari 2024.

BACA JUGA: Yogyakarta Geser Bandung Sebagai Kota Terbaik di Indonesia, untuk Masa Pensiun

Bey mengapresiasi kerja kolektif yang dilakukan oleh TNI/Polri dan berbagai elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Apalagi menurutnya, permasalahan terkait sampah di Kota Bandung masih terus dicarikan solusi yang terbaik.

Pembenihan Ikan

"Kita tahu masalah sampah di Bandung Raya dan kami sangat mengapresiasi ini hasil dari TNI/Polri dalam hal pembersihan sampah, terutama plastic,” jelasnya.

“ Selain itu juga ada pembenihan ikan, tentu semua ini baik untuk kelangsungan hidup dan generasi muda kita ke depan," sambungnya.

BACA JUGA: Bentengi Era Gadget, Bandung Barat Hidupkan Kembali Permainan Tradisional

Terkait pencegahan bencana alam yang mungkin akan terjadi karena musim penghujan masih melanda wilayah Jabar, Bey menuturkan, jajarannya akan selalu berkoordinasi.

Baik, dengan BPBD dan TNI/Polri untuk terus bekerja dalam mengawasi setiap peristiwa bencana hidrometeorologi.

"Kita akan koordinasikan dengan BPBD dan TNI/Polri terkait bencana di wilayah Bandung Raya," ujar Bey.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengemukakan, kegiatan yang melibatkan berbagai lembaga, termasuk masyarakat untuk melestarikan alam.

BACA JUGA: Menyambut Pembukaan Bandara Kertajati, Keajaiban Situ Cipanten Dipercantik

Menjadi sumber mata air

Tujuannya agar tetap asri dari sampah dan tetap rindang dengan banyaknya pepohonan.

"Siang ini saya beserta Bapak KSAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) dan Forkopimda Jabar. Juga ada Pak Ustadz (Adi Hidayat) dan semua elemen masyarakat melaksanakan beberapa kegiatan, yang pertama penanaman pohon," ungkap Agus.

Ada bermacam-macam pohon yang ditanam,  mulai dari pinus, mahoni, dan lain-lain, yang bisa tumbuh cepat.

“Semua ini, guna menjaga alam ini agar tidak mudah kena banjir. Kemudian juga ada penebaran benih ikan mujair," tambahnya.

BACA JUGA: Situ Jatijajar Dibangun Sebagai Objek Wisata Baru Depok

Tak lupa Agus menyebutkan pula bahwa di kawasan Situ Lembang harus dijaga kelestariannya.

Menurutnya, danau tersebut menjadi sumber mata air untuk masyarakat sekitar yang digunakan dalam kebutuhan hidup sehari-hari.

"Situ Lembang ini ada danau yang harus kita lestarikan dan amankan karena daerah Jawa Barat. Khususnya Bandung dan Cimahi kalau kita telusuri air dari Situ Lembang ke wilayah tersebut," tuturnya.

"Kemudian juga kegiatan pembersihan sampah, terutama plastik yang sudah diinisiasi oleh Bapak KSAD, yang juga sudah dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia," tutup Agus. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya