PT KAI Resmi Luncurkan KA 'Mewah' Argo Lawu, Ini Fasilitasnya

KLIKNUSAE.com - Mulai hari ini, Senin 18 Desember 2023  PT KAI (Persero) resmi memperkenalkan Kereta Api (KA) Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan pp.

Berbeda dengen kereta api pada umumnya, kereta ini menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih mewah karena membawa gerbong Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation.

Menurut Joni Martinus, VP Public Relations KAI, penggunaan rangkaian kereta New Generation ini adalah bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation.

Yakni untuk periode 2023 hingga 2026 dari PT INKA (Persero).

BACA JUGA: PT KAI Luncurkan Kereta Makan Bernuansa Suite Class

"Pengoperasian kereta ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan. Khususnya menyambut liburan Natal dan Tahun Baru," ujar Joni dalam keterangan tertulisnya.

Fitur Unggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

Pintu Elektrik Otomatis

Pintu masuk dan pintu penghubung antar kereta telah dilengkapi dengan pintu elektrik otomatis. Memudahkan pelanggan dalam membuka dan menutup pintu dengan lebih efisien dan tanpa suara berisik.

Passenger Information Display System (PIDS)

Setiap kereta dilengkapi dengan PIDS yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan, menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik.

BACA JUGA: 1.700 Penumpang Merasakan Kecepatan Uji Coba Kereta Cepat

Jendela Double Glass

Jendela kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah di-upgrade menjadi tempered double glass untuk keamanan lebih tinggi, perlindungan dari panas berlebih, sinar UV, dan mengurangi kebisingan.

USB Charger Port dan Stop Kontak

Setiap kursi dilengkapi dengan USB charger port dan stop kontak, memenuhi kebutuhan pengisian daya gadget pelanggan selama perjalanan.

BACA JUGA: Ini Alasan Stasiun Kereta Api Cepat Tidak Di Kota Bandung

Fasilitas Mewah pada Kereta Luxury

Kereta Luxury New Generation memiliki penambahan toilet sehingga kini terdapat 2 toilet yang dipisahkan untuk pria dan wanita.

Selain itu, Kereta Makan juga mengalami pembaruan dengan interior dan furnitur premium, menciptakan ruang yang lebih mewah dan nyaman.

Joni menekankan bahwa upgrade ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan perjalanan KA dan menarik minat masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api.

BACA JUGA: PT KAI Undang Stakeholder Pariwisata Garut Bahas Kereta Wisata

Harga tiket untuk KA Argo Lawu Eksekutif berkisar Rp 600 ribuan. Sedangkan untuk Luxury berkisar antara Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta.

Dengan tarif dinamis yang tetap berada pada kisaran Tarif Batas Bawah hingga Tarif Batas Atas yang telah ditentukan.

Untuk memudahkan pemesanan tiket, masyarakat dapat menggunakan aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

"Kami mengimbau agar masyarakat merencanakan liburannya sebaik mungkin," pungkas Joni.

Dengan segala fitur dan fasilitas baru ini, KA Argo Lawu menjadi pilihan ideal untuk menjadikan perjalanan Anda lebih mewah dan nyaman. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya