Lahan Milik Pemerintah Akan Dimaksimalkan Jadi Lebih Produktif

KLIKNUSAE.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar lahan milik pemerintah lebih dimaksimalkan untuk kepentingan lebih luas, terutama rakyat Indonesia.

"Kita tidak ingin Indonesia mengalami masalah (pangan). Padahal kita banyak lahan, oleh karena itu kita akan mengoptimalkan semua lahan terutama lahan yang tidur untuk menjadi produktif," tegas Ma'ruf Amin.

Wapres menyampaikan hal itu ketika melakukan kunjungan kerja, sekaligus melakukan Kick Off Gerakan Ketahanan Pangan Nasional di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Rabu 1 Oktober 2023.

"Pada lahan milik TNI banyak lahan-lahan yang masih tidur. Oleh karena itu kita melakukan upaya-upaya dan ini juga bagian dari TNI terkait operasi militer selain perang untuk ketahanan pangan," lanjut Wapres.

BACA JUGA: Wapres Maruf Amin Minta Paket Wisata Sumbar Lebih Banyak Dipublikasikan

Ma'ruf Amin berkali-kali mengingatkan, dalam beberapa waktu ke depan akan memaksimalkan lahan-lahan milik pemerintah.

Baik itu TNI/Polri untuk dikelola dan menjadikan lahan tersebut produktif bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya kira intinya kita sekarang tidak akan membiarkan lahan tidur. Jangan ada lahan tidur dan tenaga yang nganggur," pungkas Wapres.

BACA JUGA: Garap Petani Milenial, Ini Strategi Yang Dipersiapkan Jabar

Ditanami padi dan jagung

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin yang mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau beberapa lahan.

Utamanya, yang tadinya tidur menjadi produktif ditanami padi dan jagung guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kick Off Gerakan Ketahanan Pangan Nasional merupakan upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan di seluruh Indonesia agar tetap terkendali.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Dorong Pengembangan Pertanian Melalui Teknologi 4.0

Setelah meninjau beberapa lahan tidur yang sudah produktif, Bey bersama Ma'ruf Amin menabur benih ikan di Embung Taman Pancasila Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Bekasi.

Lahan yang hari ini dilakukan Kick Off Gerakan Ketahanan Pangan Nasional merupakan milik TNI, namun dalam implementasinya akan diswadayakan dengan masyarakat sekitar.

Wapres Ma'ruf Amin menuturkan, Gerakan Ketahanan Pangan Nasional dilakukan sebagai solusi yang dihadirkan pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan.

BACA JUGA: Kementerian Pertanian RI Mendapat Penghargaan MURI, Atas Pencapaian Ini

"Hari ini saya bersama Menteri Pertanian, Kapolri, Panglima TNI, dan Pj. Gubernur Jabar melakukan Kick off Gerakan Ketahanan Pangan Nasional yang merupakan jawaban terhadap masalah pangan yang dihadapi dunia," ucap Wapres.

Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Wapres berharap dengan gerakan tersebut bisa menanggulangi permasalahan pangan yang sedang melanda dunia, bukan hanya Indonesia. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya