Nominasi Festival Film Indonesia 2023 Diumumkan, Siapa Saja?

KLIKNUSAE.com- Ajang puncak perfilman Tanah Air, Festival Film Indonesia (FFI) 2023, telah melangkah lebih dekat ke panggung kejayaannya.

Bertempat di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, suasana penuh semangat menyelimuti ruangan saat Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2023 secara resmi mengumumkan daftar nominasi.

Rangkaian pembacaan nominasi untuk 22 kategori prestisius Piala Citra FFI dan penghargaan Kritik Film menjadi sorotan utama acara ini.

Tidak hanya itu, hadir pula sosok-sosok berpengaruh dalam industri perfilman Tanah Air. Seperti Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan sebagai Duta FFI 2023.

BACA JUGA: Lewat Festival Film Bulanan Bandung, Ajak Sineas Masuk Industri Perfilman

Serta Teza Sumendra yang memberikan penampilan khusus yang memukau.

Sementara itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan betapa momen pengumuman nominasi FFI 2023 kali ini adalah sesuatu yang tak terlupakan.

Ia menekankan bahwa, selain mengapresiasi film-film karya sineas Indonesia, penggunaan Museum Nasional Indonesia sebagai lokasi pengumuman nominasi merupakan langkah besar. Yakni, untuk mendukung upaya transformasi museum dan cagar budaya Tanah Air.

"Saat yang bersejarah ini menjadi saksi bagi semua sineas yang menjadi nominator FFI 2023. Serta seluruh pihak yang telah berperan dalam kemajuan dunia perfilman Indonesia," kata Menteri Nadiem Anwar Makarim, Sabtu 14 Oktober 2023.

BACA JUGA: Festival Film Bulanan Kembali Diluncurkan, Ini Jadwalnya

Akademi Citra FFI 2023

Ia pun mendorong para sineas untuk terus berkarya guna mewujudkan Indonesia yang merdeka berbudaya.

Daftar nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang adalah hasil kerja keras dan ketekunan Akademi Citra FFI 2023.

Sebanyak 94 anggota Akademi Citra dari beragam latar belakang profesi dalam dunia perfilman telah berupaya keras sejak tanggal 23 September hingga 8 Oktober 2023 untuk menjalani tahap seleksi yang ketat.

Sebagai informasi, Akademi Citra adalah para tokoh penting dalam perfilman yang pernah meraih Piala Citra pada edisi FFI sebelumnya.

Proses seleksi dan penjurian telah dilakukan secara daring melalui laman Ruang Penayangan FFI yang dapat diakses melalui situs web resmi dan aplikasi FFI, bekerjasama dengan Bioskop Online.

BACA JUGA: Festival Film Wartawan Hadirkan 123 Judul, Tayang Hingga 30 September

Dibagian lain, Garin Nugroho, Ketua Komite Bidang Penjurian FFI 2023, menjelaskan jika proses penjurian ini bukan sekadar kompetisi. Melainkan juga sebuah wujud partisipasi dalam perkembangan ekosistem perfilman.

Dalam tiga tahun terakhir, sistem penjurian ini telah menjadi representasi yang kuat. Utamanya, dalam mendorong partisipasi berbagai elemen yang membentuk ekosistem perfilman.

Termasuk asosiasi, insan perfilman, industri, dan masyarakat.

"Oleh karena itu, sistem ini perlu terus dijaga dan diperkuat di masa mendatang," ungkap Garin Nugroho.

BACA JUGA: Kementerian Pariwisata Siapkan Bali Sebagai Center of Excellence Daerah Lain

Film Non Cerita Panjang

Sedangkan proses penjurian tahap nominasi untuk kategori Film Non Cerita Panjang. Seperti Film Cerita Pendek, Film Dokumenter Panjang, Film Dokumenter Pendek, dan Film Animasi Pendek, serta kategori Kritik Film, tetap dipercayakan kepada asosiasi profesi terkait.

Antara lain COFFIE (Coordination for Film Festival in Indonesia), ADN (Asosiasi Dokumenteris Indonesia), AINAKI (Asosiasi Industri Animasi Indonesia), dan KAFEIN (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia).

Keseluruhan proses penjurian ini diawasi ketat oleh para juri terpilih, serta difasilitasi dan diawasi oleh Komite Penjurian dan Akuntan Publik.

BACA JUGA: Lewat Festival Film Bulanan Bandung, Ajak Sineas Masuk Industri Perfilman

Pengumuman daftar nominasi FFI 2023 dapat Anda saksikan di kanal resmi Festival Film Indonesia. Sementara malam puncak Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 direncanakan akan digelar pada tanggal 14 November 2023.

Pada acara tersebut, akan disiarkan secara langsung melalui platform daring seperti YouTube Festival Film Indonesia, akun resmi Kemendikbudristek RI, dan Budaya Saya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs web festivalfilm.id atau menghubungi Emira P. Pattiradjawane (Humas Penjurian) dan Nazira C. Noer.

Dalam suasana penuh semangat ini, mari kita nantikan puncak kejayaan perfilman Indonesia di FFI 2023! ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya