Masyarakat Pangandaran Perlu Dilibatkan dalam Pengembangan Destinasi

KLIKNUSAE.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan sebagai destinasi yang banyak memiliki keunggulan, Pangandaran harus terus di dorong untuk berkembang lebih cepat.

Untuk mencapai tujuan itu, lanjut Benny, perlu dukungan kuat dari para stakeholder. Termasuk, bagaimana membangun atitude masyarakat dalam menyambut wisatawan.

"Melibatkan masyarakat dalam membangun destinasi menjadi sangat penting. Karena ini ada hubunganya dengan pelayanan atau penyambutan wisatawan. Bayangkan, kalau mereka (masyarakat) hanya jadi penonton, yang terjadi adalah sebuah ketimpangan. Munculnya gangguan (premanisme)," kata Benny saat berbicara dalam acara Semiloka, Pengembangan Kawasan Wisata Pangandaran, Kamis 19 Oktober 2023 di el Royal Hotel Bandung.

Acara semiloka ini diselenggarakan oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat. Dengan tema besarnya; Menggali Arah Strategi Pangandaran sebagai Destinasi dalam Dimensi Pariwisata Baru.

Sementara itu, Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan Semiloka ini adalah untuk mengajak pemangku kebijakan.

BACA JUGA: GIPI Jabar Ingatkan Program Tourism Fund  Harus Tepat Sasaran

Termasuk, pelaku usaha pariwisata secara bersama-sama melaksanakan komitmen dan konsisten.

Khususnya, dalam membangun dan mengembangkan destinasi pariwisata Pangandaran yang bertanggungjawab.

Tampil dalam semiloka ini beberapa nara sumber. Diantaranya, Kementerian Maritim dan Investasi (Marvest), Bupati Kabupaten Pangandaran, BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Ada juga Alip Joko Surajiyanto, Direktur PT Pacajaya Makmur Bersama (PMB), selaku pengembangan kawasan Grand Pangandaran, serta Praktisi dan Akademisi Pariwisata, Djoni Sofyan Iskandar.

Sedangkan bertindak sebagai moderator Andar Danova L. Goeltom, Direktur Poltekpar NHI.

BACA JUGA: Pelaku UMKM Pangandaran Perlu Didorong agar Berdaya Saing di Tingkat Global

Menjaga Infrastruktur

Masih menurut pemaparan Benny, banyak hal yang masih perlu diperhatikan di Pangandaran. Utamanya, bagaimana membangun kesadaran masyarakat dalam mendorong pertumbuhan di sektor ini.

"Sebetulnya, Gubernur Jawa Barat sangat concern sekali dalam membangun destinasi di kawasan ini. Sayangnya, pemangku kebijakan di Pangandaran belum sepentuhnya bisa memahami dan menjaga infrastrukur yang dibangun," ujarnya.

Ia mencontohkan, Gubernur Ridwan Kamil telah membangun infrastruktur di Pantai Barat dan Pantai Timur sangat bagus. Pembangunan fasilitas ini terbukti berhasil menarik wisatawan, sehingga setiap tahunnya meningkat.

“Tapi, apa yang terjadi sekarang. Fasilitas itu ternyata belum dijaga dengan baik. Padahal, anggaran yang digelontoran mencapai puluhan miliar. Inilah yang harus menjadi perhatian pemda Pangandaran,” tambahnya.

BACA JUGA: Guys, Pantai Karang Nini Pangandaran Makin Keren Lho

Oleh sebab itu, lanjutnya, partisipasi masyarakat sangat penting dibangun, untuk meningkatkan pariwisata di Pangandaran.

Benny, juga meminta agar pemerintah daerah setmpat segera membuat Rencana Tata Ruang Wilayah (RUTR) yang jelas, sebagai panduan pengembangan wisata di kawasan ini pada masa yang akan datang.

Masyarakat disekitar destinasi harus diberdayakan untuk mengindari terjadinya ketimpangan sosial secara ekonomi. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya