Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jadi Mesin Ekonomi Jawa Barat

KLIKNUSAE.com - Keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah menarik perhatian Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin.

Dengan penuh optimisme, Bey  melihat potensi pertumbuhan ekonomi yang tak terhingga bagi provinsi yang dipimpinnya.

"Lebih-lebih lagi, kereta cepat ini melewati tiga stasiun strategis di Jawa Barat. Yakni stasiun di Kabupaten Karawang, Padalarang Bandung Barat, dan Tegalluar Kabupaten Bandung,” kata Bey saat mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Depo Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Sabtu 9 September 2023.

Pihaknya merasa yakin bahwa hal ini akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Serta merangsang lahirnya pusat-pusat ekonomi baru.

BACA JUGA: Kereta Cepat Indonesia Buka Lowongan Pekerjaan Buat Posisi Ini

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, demikian kata Bey, telah memberikan dukungan maksimal untuk proyek kereta cepat ini.

Diantaranya, dengan mempersiapkan infrastruktur jalan dan berbagai moda transportasi yang akan memudahkan akses ke tiga stasiun tersebut.

Mendukung Konektivitas

"Trans Metro Bandung, Bandung Rapid Transit, dan berbagai sarana transportasi lainnya telah kami siapkan untuk mendukung konektivitas yang diperlukan," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyoroti pentingnya kehadiran kereta cepat ini sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan China.

BACA JUGA: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disambung ke Surabaya, Ini waktu Tempuhnya

"Oleh karena itu, apa yang kami lakukan di Tegalluar ini juga merupakan bagian dari pembukaan Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung,” ujarnya.

“Ini adalah awal dari proses pertukaran ilmu pengetahuan dari China kepada Indonesia. Termasuk pengetahuan dan teknologi perkeretaapian serta budaya kedua negara," ungkap Budi Karya Sumadi.

Menurutunya, komitmen dari China kepada Presiden RI (Joko Widodo) dan rakyat Indonesia untuk mentransfer teknologi, hari ini dimulai.

BACA JUGA: Potensi Omset Kereta Cepat Jakarta-Bandung, 10 Miliar Per Hari

”Bahkan penggemar kereta api pun akan menjadi saksi dari sejarah beroperasinya kereta cepat ini," lanjutnya.

Menhub juga mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo berencana menjajal Kereta Cepat Jakarta - Bandung pada tanggal 13 September 2023, dengan rencana peresmian proyek ini pada tanggal 1 Oktober 2023.

"Insya Allah, semuanya akan berjalan lancar. Oleh karena itu, Pak Penjabat Gubernur Jawa Barat dapat melakukan perbaikan jika diperlukan,” pintanya.  ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya