Gerai NIB "Weekend Market" Buka di Hotel Horison, Ini Kata Ketua PHRI Jabar

KLIKNUSAE.com - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat buka gerai NIB "Weekend Market". Hal ini sebagai komitmen untuk terus  memberikan kemudahan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kemudahan ini diberikan yakni dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB). Salah satu langkah yang mereka ambil adalah dengan membuka gerai khusus untuk pembuatan NIB di acara "Weekend Market".

Program ini,  merupakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk mereka.

Pada setiap bulannya, Hotel Horison Kota Bandung menjadi saksi dari kegiatan "Weekend Market" ini.

BACA JUGA: Ayu Terra Resort Bukan Anggota PHRI, Tak Ada Kemitraan dengan Kepolisian

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Usaha Mikro Diskop UKM Kota Bandung, Trisye Avi, menjelaskan bahwa mereka dengan sengaja menyediakan gerai khusus untuk pembuatan NIB selama dua pekan setiap bulan.

Tujuan dari inisiatif ini adalah memberikan peluang kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh legalitas yang diperlukan dalam menjalankan usaha mereka.

Trisye Avi juga mengingatkan pentingnya memiliki NIB, karena hal ini merupakan salah satu legalitas yang sangat penting.

BACA JUGA: Pocari Sweat Run Tinggal Menunggu Hari, Anggota PHRI Beri Diskon Kamar 50 Persen

Memudahkan akses segala legalitas

Dengan memiliki NIB, para pelaku usaha UMKM dapat lebih mudah mengakses berbagai jenis legalitas lainnya, membuka peluang baru dalam pengembangan usaha mereka.

Selain itu, memiliki NIB juga membawa berbagai manfaat lain bagi pelaku UMKM. Salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari pemerintah.

Trisye menjelaskan bahwa untuk dapat memanfaatkan bantuan seperti BPUM, NIB menjadi salah satu persyaratan wajib.

BACA JUGA: PHRI Pangandaran Dukung Penuh Subsidi Seat Citilink Ke Nusawiru

Namun, hingga saat ini, baru sebanyak 1.498 pelaku UMKM dari total 9.977 UMKM yang terdaftar di Kota Bandung yang telah memperoleh NIB.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung terus mendorong kepemilikan NIB pada pelaku usaha melalui berbagai layanan.

Termasuk melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), yang telah menggelar program "Sakedap Goes to Bandung 10.000 NIB" yang berkeliling ke setiap kecamatan.

BACA JUGA: Herman Muchtar: Samakan Dulu Nadanya, Baru Putuskan Jadi Provinsi Pariwisata

Dengan inisiatif ini, Pemerintah Kota Bandung berharap dapat memberikan dorongan yang lebih besar bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan NIB.

Sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka dan memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah Kota Bandung ini.

BACA JUGA: Giring Datangi Tokoh Pariwisata dan UMKM Jawa Barat, Ingin Perjuangkan Ini

"Untuk kepentingan pelaku UMKM kami selalu mendukung penuh. Bila perlu, nanti gerai "Weekend Market"-nya bisa berganti-ganti tempat," kata Herman Muchtar kepada Kliknusae.com, Selasa 19 September 2023.

"Kalau sekarang di hotel Horison, berikutnya bisa ke hotel lainnya. Jadi merata, sehingga mudah di jangkau masyarakat umum lainnya," sambung Herman--yang juga yang Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat ini. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya