Acara Panceg Dina Galur Pamobvit Polda Jabar, Ini Tujuannya

KLIKNUSAE.com - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menggelar acara Panceg Dina Galur  yang berlangsung di Saung Angklung Udjo, Sabtu malam 8 Juli 2023.

Acara ini digelar masih dalam rangkaian HUT ke-77  Bhayangkara di jajaran Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Jabar tahun 2023.

Hadir para tokoh masyarakat, tokoh agama, pengelola objek wisata, asosiasi hingga industri yang berada di wilayah Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui,  “Panceg Dina Galur” sendiri bisa diartikan teguh dalam pendirian  yang merupakan petikan dari naskah kuno Amanat Galunggung.

BACA JUGA: Wisatawan ke Saung Angklung Udjo Mulai Mengalir, Banyak Siswa Bertanya

Dimana kalimat ini juga dipopulerkan oleh grub musik metal asal Bandung, Jawa Barat, Jasad. Petikan lebih panjang yakni; panceg dina galur/babarengan ngajaga lembur/moal ingkah najan awak lebur.

Atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia; teguh dalam pendirian, bersama menjaga kampung walau badan hancur lebur.

Inilah yang  menjadi semboyan para petugas Pamobvit yang sehari-hari memberikan pengawasan dan perlindungan terhadap ovjek vital di Jawa Barat.

Mempererat Kerjasama

Kombes Pol M. Hidayat dari Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Jabar, mewakili Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengemukakan bahwa acara ini merupakan momentum untuk terus mempererat hubungan yang sudah terjaling cukup baik selama ini.

BACA JUGA: Kapolda Irjen Suntana Sebut Siap Sikat Pengganggu Objek Wisata

“Yang jelas disini saya mengucapkan terima kasih. Biasanya, kalau pimpinan memasuki masa pensiun biasanya digekar besar-besaran. Tapi saat ini, saya selaku pimpinan, ingin membalas kepada anak buah yang selama ini telah membuat acara untuk para pimpinan,” kata Hidayat.

Pada tahun ini, bertepatan dengan HUT ke-77 Bhayangkara ada beberapa petugas Pamobvit Jawa Barat yang memasuki masa purna tugas.

Untuk itu, acara  Panceg Dina Galur  juga didedikasikan kepada mereka yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik.

Hadir dalam acara ini beberapa pimpinan perusahaan besar dan asosiasi yang sengaja diundang, diantaranya.

BACA JUGA: Perjalanan Henry Husada Memilih Menjadi Entrepreneur, Ini Tujuannya

Hadir juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI)--yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar. Ada juga CEO Kagum Group Henry Husada.

Undangan yang hadir

Sementara itu, dari beberapa perusahaan yang pimpinanan hadir langsung diantaranya:

- Muhidin, General Manager PT Antam Tbk

- Ilen Kardani, General Manager PT GEO Dipa Energi Unit Patuha

- Munif, General Manager PT PLN Nusantara Power UP Indramayu

- Susiana Mutia, General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jabar

- Tejo Wihardiyono, General Manager PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Tengah

- Afwan Daroni, General Manager PT.Pertamina Zona 2 EP 7

- Wahyu Sulistyo Wibowo, Pjs General manager PT. Pertamina RU VI Balongan

- Soni Asrul Sani, Direktur PT Solusi Bangun Indonesia

- H. Ochairialdy, Senior Manager PT Solusi Bangun Indonesia

- Dudi Syarief, Manager Resort PT Sari Ater Hotel & Resort

Pada kesempatan yang sama Direktur Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo menyampaikan apresiasi kepada Polda Jawa Barat.

Khususnya, Direktorat Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pamobvit)  yang selama ini sangat berarti kehadirannya,  bagi para pengelola objek wisata dan yang lainnya.

BACA JUGA: Herman Muchtar: Pembangunan Budaya Lokal Harus Tepat Sasaran

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Hidayat, yang selama ini memang sungguh luar biasa kontribusinya, terhadap pengawasan tempat wisata, sehingga semua berjalan aman dan lancar," kata Taufik yang juga Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat ini.

Dipengunjung acara, hadir penyanyi legendaris asal Jawa Barat Doel Sumbang yang membawakan beberapa lagi.

Para undangan pun terlihat menikmati suasana kesenian malam itu. Mereka tidak saja berkesempatan untuk memainkan alat musik Angklung. Tetapi juga, turut berjoget bersama dengan alunan musik yang mengiringi Doel Sumbang. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya