Kabin IKN tempat Jokowi Menginap Jadi Destinasi Ekowisata

KLIKNUSAE.com  - Kabin IKN (Ibu Kota Nusantara) yang menjadi tempat menginap Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo akan menjadi destinasi ekowisata.

Saat ini sudah ada 17 unit kamar berbentuk kabin yang disiapkan. Dan menjadi tempat stay presiden bersama para Menteri, saat kunjungan kerja pada, Kamis 23 Februari 2023.

“Sebetulnya ini (kabin)  untuk menampung interest daripada calon penghuni maupun calon investor untuk ber-experience di dalam IKN Nusantara,” Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)  Bambang Susantono dalam keterangannya dilansir siaran pers Sekretariat Presiden.

“Malam ini, saya dan Ibu Negara menginap di lokasi yang akan menjadi kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara,” tulis caption unggahan instagram@jokowi saat berada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

BACA JUGA: Jam 10 Malam Presiden Jokowi Keluar Dari Tenda, Ngapain?

Ditambahkan Bambang Susantono, bahwa tempat Presiden dan Ibu Iriana bermalam tersebut merupakan sebuah lokasi yang direncanakan sebagai tempat menginap para investor dan calon penghuni.

Ia menyampaikan konsep yang diusung dalam pembangunan tersebut merupakan menerapkan ekowisata.

Utamanya, untuk memberikan pengalaman merasakan Nusantara sebagai kota di tengah hutan.

“Dan juga ke depannya nanti akan menjadi salah satu pusat magnet dari pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA: Jokowi Bakal ‘Camping’ Di Titik Nol IKN, Seperti Apa Persiapannya

Bukan Sekedar Kota Pemerintahan

Untuk mengembangkan hal tersebut, Bambang menyampaikan bahwa pihaknya akan menata kembali. Dan menyesuaikan dengan perkembangan dari setiap infrastruktur yang dibangun.

“Tapi tentu kita akan ciptakan lagi spot seperti ini. Ecotourism akan menjadi salah satu dari ruh dari kota ini (IKN) ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan dengan mengembangkan kawasan wisata, nantinya IKN tidak hanya akan menjadi kota pemerintahan saja.

Tetapi juga akan menjadi kota bisnis dan edukasi yang serasi dengan alam.

BACA JUGA: Berapa Harga Tenda Presiden Jokowi, Ingin Tau? Ini Spesifikasinya

“Jadi ada keserasian antara alam kemudian manusia dan juga kultur, people, nature, and culture istilahnya,” ucap Bambang.

Sementara itu pada Kamis malam, Presiden dan Ibu Iriana bersama para menteri bersantap makan malam bersama di lokasi penginapan tersebut.

Presiden Jokowi yang mengenakan sweater berwarna biru tua duduk disamping Ibu Iriana yang mengenakan jaket berwarna merah muda menyantap hidangan makan malam yang dimasak langsung oleh juru masak kepresidenan, Chef Claudio.

Claudio bercerita masakan yang disajikan untuk Presiden, Ibu Iriana, dan para menteri saat itu adalah masakan yang sederhana.

BACA JUGA: Glamping Jadi Alternatif Menginap Saat Nonton MotoGP, Ini Harganya

“Tadi sih masaknya simple ya nasi goreng, mi goreng, dan bakmi godok,” ucapnya.

Lebih lanjut, Claudio menjelaskan bahwa Presiden lah yang meminta untuk dihidangkan masakan langsung oleh juru masak kepresidenan.

“Kenapa pilih kita yang masak adalah permintaan Bapak langsung supaya tidak perlu merepotkan yang lain lebih baik kita sendiri yang masak,” cerita Claudio.

Setelahnya, Presiden bersama para menteri juga tampak menikmati durian sambil menikmati suasana malam di IKN. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya