Siapkan Selimut, Bandung Raya Bakal Disapu Suhu Lebih Dingin

KLIKNUSAE.com – Ini warning bagi warga yang tinggal di Bandung Raya, Jawa Barat. Ada baiknya siapkan selimut karena bakal ada suhu lebih dingin, hingga beberapa pekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyebutkan wilayah Bandung Raya mengalami suhu lebih dingin dibandingkan biasanya hingga awal tahun 2023.

Prakirawan BMKG Stasiun Geofisika Bandung Muhamad Iid Mujtahidin mengatakan suhu yang lebih dingin itu merupakan faktor dari cuaca ekstrem yang terjadi pada akhir tahun 2022.

Dia pun memperkirakan suhu dingin itu bakal berlangsung hingga 2 Januari 2023.

BACA JUGA: BMKG: Waspadai Angin Kencang Di Beberapa Daerah ini

"Kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan relatif dingin," kata Iid di Bandung, Jawa Barat, seperti dikutip Kliknusae.com dari Antaranews, Senin 2 Januari 2022.

Pada Rabu (28/12), menurut dia, suhu di Kota Bandung tercatat 25 derajat Celsius pada siang hari dan 19 derajat Celsius pada malam hari.

Sedangkan dalam kondisi normal, kata dia, rata-rata suhu paling tinggi di Kota Bandung yakni sekitar 29 derajat Celsius, dan suhu paling minimum berada pada angka 20 derajat Celsius.

BACA JUGA: Embun Es Kembali Turun di Dataran Tinggi Dieng, Fakta Fenomena Unik

Sementara itu, wilayah Bandung Raya yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi diprediksi masih akan mengalami hujan lebat. Hal ini  berdasarkan laporan BMKG Stasiun Geofisika Jawa Barat.

Namun, pada hari selanjutnya hingga 2 Januari 2023, hujan lebat hanya melanda Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian hingga 4 Januari 2023, Bandung Raya diprediksi masih mengalami hujan tetapi dalam skala ringan.

"Masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat. Termasuk,  angin kencang menjelang siang hingga malam hari," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Jawa Barat Indra Gustari.

Nah, tidak ada salahnya untuk mengantisipasi dinginnya cuaca malam hari, siapkan selimut tebal. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya