Sektor Pariwisata di Kabupaten Bandung Pulih Kembali

KLIKNUSAE.com – Setelah diterpa pandemi Covid-19, sektor pariwisata di Kabupaten Bandung, Jawa Barat kini pulih kembali.

Sejumlah objek wisata mulai dibanjiri pengunjung, dari berbagai daerah. Bahkan sebagian wisatawan asing dari Tiongkok pun mulai terlihat di beberapa kawasan wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan jika dibandingkan dengan sebelum pandemic. Atau tahun 2019, aktivitas pariwisata di Kabupaten Bandung sudah pulih sekitar 80 persen.

Menurutnya hal itu didapat dari pantauannya di libur panjang Tahun Baru Imlek 2023.

BACA JUGA: PHRI Kabupaten Bandung Siap Dorong Kalender Event Disparbud

"Ini mudah-mudahan sinyal positif dalam rangka pengembangan ekonomi pariwisata di Kabupaten Bandung," kata Wawan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

Dia menjelaskan, objek wisata di Kabupaten Bandung atau Bandung selatan tersentral di tiga wilayah yakni Pangalengan, Ciwidey, dan Rancabali (Pacira).

Selain dari objek wisata yang ada, menurutnya pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan aktivitas sektor pariwisata di Kabupaten Bandung.

Menurut Wawan, ada sebanyak 50 desa wisata yang didampingi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung agar mampu mengembangkan ekonomi, khususnya masyarakat lokal.

BACA JUGA: Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Diserbu, Polres Berlakukan Ini

"Kunjungan ke desa wisata juga sudah dari luar Jawa Barat malahan ya. Kebanyakan banyak orang yang ingin menikmati wisata di Kabupaten Bandung," kata dia.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan pihaknya menargetkan ada 100 desa wisata yang terbentuk di tahun 2023.

Dengan begitu, ia yakin angka pengangguran yang awalnya mencapai 8,5 persen bisa turun menjadi 6,98 persen.

"Target kita menciptakan 35 ribu pelaku UMKM. Saat ini sudah tercipta 13 ribu lapangan kerja baru," kata Dadang. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya