Museum Transportasi di TMII akan Pamerkan Kendaraan Listrik Indonesia

KLIKNUSAE.com - Museum Transportasi di TMII (Taman Mini Indonesia Indah)  Jakarta yang sudah selesai di renovasi akan menampilkan kendaraan listrik Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Museum Transportasi TMII, Minggu 6 November 2022.

Menhub mengatakan, untuk turut mensosialisasikan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, akan dipamerkan pula berbagai jenis kendaraan listrik di area museum ini

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” kata Menhub seperti dikutip Kliknusae.com dari laman resmi Kemenhub, Senin 7 November 2022.

BACA JUGA: Kemenhub Pilih 3 Kebijakan Ini Agar Harga Tiket Pesawat Stabil

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada para produsen otomotif yang telah mendukung percepatan implementasi kendaraan listrik secara massal di Indonesia.

Ia menjelaskan, revitalisasi museum yang dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan ini dilakukan sejak April 2022.. Bersamaan dengan revitalisasi TMII secara keseluruhan.

Mulai Beroperasional Akhir Tahun 2022

Direncanakan, kawasan TMII akan dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir tahun 2022.

Adapun revitalisasi yang dilakukan meliputi bangunan luar, lanskap,desain interior, serta penambahan koleksi museum dan fasilitas pendukung lainnya untuk menambah daya tarik pengunjung.

BACA JUGA: Tito Karnavian Instruksikan Seluruh Kepala Daerah Pugar Anjungan TMII

Museum Transportasi memiliki luas sebesar 6.25 hektar yang meliputi ruang pamer indoor dan outdoor.

Museum ini diresmikan pertama kali pada tahun 1991, yang dibangun untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, serta memamerkan bukti-bukti sejarah dan perkembangan transportasi Indonesia serta peranannya dalam pembangunan nasional.

Pengunjung Museum Transportasi termasuk salah satu museum di TMII yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak.

BACA JUGA: De Park TMII, Tempat Nongkrong Anak Muda dengan Spot Instagramable

Karena memiliki banyak spot yang menarik, tempat ini sering menjadi tempat berkumpul para pelajar maupun komunitas, seperti komunitas fotografi.

"Diharapkan dengan semakin bervariasinya fasilitas usai dilakukan revitalisasi, pengunjungnya akan semakin banyak. Dan dapat menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat akan perkembangan transportasi Indonesia," katanya.

Turut hadir dalam tinjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kepala BPSDM Djoko Sasono, para pejabat dan taruna taruni di lingkungan Kementerian Perhubungan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya