Embun Es Kembali Turun di Dataran Tinggi Dieng, Fakta Fenomena Unik

KLIKNUSAE.com – Wisatawan kembali bisa menikmati embun es atau embun upas di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Fenomena unik ini, tak selalu ada. Hanya pada musim-musim tertentu saja. Dan, pada hari ini, Selasa 26 Juli 2022 muncul kembali menyelimuti Dieng.

"Sudah dijelaskan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) terkait dengan fenomena embun selama 2022. Embun es atau salju hari ini turunnya di komplek Candi Arjuna. Untuk saat ini sudah dua hari berturut-turut," kata Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami, seperti dikutip Kliknusae.com dari Kompas.com, Selasa 26 Juli 2022.

BACA JUGA: Kawasan 5 Dieng Baru Digadang Menjadi Kebangkitan Pariwisata Wonosobo

Ia menjelaskan, saat musim kemarau, pihak pengelola di lapangan melihat fenomena ini antara bulan Juli hingga September, jika berkaca dari tahun sebelumnya.

Meski Sri juga menyampaikan bahwa fenomena embun es Dieng tidak dapat diprediksi secara pasti.

Waktu terbaik melihat embun upas Dieng

Menurut Sri, waktu terbaik untuk melihat embun es di Dieng adalah pada pagi hari, sebelum matahari terbit.

"Pagi tadi suhunya tiga minus satu derajat celsius, ini udah memuai. Seiring matahari terbit, embun beku pun sudah mencair," kata dia.

BACA JUGA: Inilah 5 Kawasan Dieng Baru yang Masuk Daftar Pengembangan

Ia melanjutkan bahwa daerah untuk melihat keunikan ini mudah dicapai wisatawan karena berada pada  kompleks Candi Arjuna.

"Kalau yang langsung, subuh sudah ada di situ. Biasanya kalau ada fenomena (embun upas), setengah enam pagi. Kalau jam tujuh memang masih (ada), tapi seiring panas matahari, nanti embun itu sudah memuai," ujarnya.

Bagi wisatawan yang ingin melihat fenomena embun es, dia berpesan agar dapat memperhatikan kondisi cuaca pada malam harinya.

BACA JUGA: Dieng Culture Festival Tetap Digelar, Konsepnya Yang Berbeda

"Biasanya kalau malam hari cuaca cerah, tidak ada angin, pagi harinya akan muncul embun es," tutur dia.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa belakangan ini angka kunjungan wisatawan ke Dieng mulai naik. Hal ini karena banyak dari mereka yang berburu embun upas, sejak 30 Juni hingga saat ini.

"Tapi kalau tadi pagi, karena ini hari kerja juga jadi yang menginap tidak banyak, sekitar 20-an orang saja," ujarnya.

Terakhir, ia memberikan beberapa tips bagi para wisatawan yang berminat untuk berburu embun es. Di antaranya, menyiapkan diri dengan memakai jaket yang tebal, syal, dan sarung tangan.

"Sama cukup makan dan minum, karena Dieng itu dingin sekali pada suhu segitu," pungkas Sri. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya