Kota Seberang Didorong Menjadi Wisata Religi, Sandiaga Urung Rembuk

KLIKNUSAE.com - Kota Seberang Jambi di Provinsi Jambi didorong menjadi kawasan wisata religi. Termasuk didalamnya menjadi wisata berbasis halal industri.

Untuk itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno sengaja berkunjung ke daerah ini  melakukan pertemuan dengan tokoh dan sejumlah masyarakat Jambi Kota Seberang.

Acaranya digelar dalam bentuk urung rembuk,  mendengar berbagai usulan atau masukan dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan destinasi wisata di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Kota Jambi Terpilih Sebagai Uji Petik Kota Kreatif Kuliner

Jambi Kota Seberang sendiri adalah bagian utara kota Jambi yang dipisahkan oleh sungai Batanghari. Jarak tempuhnya tidak jauh dari pusat kota Jambi.

Banyak orang bilang, jika ingin melihat wajah kota Jambi yang sebenarnya maka datanglah ke Jambi Kota Seberang.

Lantaran di sana adalah tempat warga asli melayu Jambi dengan adat istiadatnya yang kental, serta banyak terdapat peninggalan bersejarah.

Dalam kesempatan itu, ada beberapa hal yang disampaikan oleh masyarakat Jambi Kota Seberang kepada Menparekraf Sandiaga.

BACA JUGA: Super Air Jet Tambah Rute Baru, Kali Ini Menyasar Jakarta-Jambi-Lampung-Balikpapan

Termasuk di antaranya terkait dengan revitalisasi Rumah Batu Olak Kemang yang dalam sejarahnya merupakan tempat tinggal para raja.

Rumah cagar budaya ini sudah berdiri sejak abad 18 dan merupakan jejak dari Kesultanan Jambi yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan agama Islam di Jambi pada abad ke-18.

Dimana pada saat itu Jambi menjadi jalur perdagangan yang sangat strategis.

Selanjutnya, Danau Teluk yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat, diharapkan dapat dikembangkan menjadi objek wisata.

BACA JUGA: Gubernur Jambi Haris Perjuangkan Bandara Kerinci Untuk Rute Haji

Di samping itu masyarakat juga mengusulkan agar Kemenparekraf bisa mendukung penyelenggaraan Festival Danau Teluk sebagai event berskala nasional.

Wisata Halal Akan Dipromosikan Lebih Masif

Ada pula wisata religi yang perlu dipromosikan lebih masif agar semakin dikenal wisatawan, karena banyak makam para wali dan tokoh-tokoh Islam.

"Tadi masukan semua sudah saya terima dan saya sepakat bersama dengan Pak Gubernur.Kawasan ini nanti kita kembangkan menjadi kawasan wisata berbasis halal industri,” kata Sandiaga di Kampung Umo, Desa Pasir Panjang, Jambi, pada Rabu 2 Maret 2022.

BACA JUGA: Percepat Pengakuan UNESCO, Gubernur Al Haris Siapkan Dana Rp 2 Miliar

Disini juga akan dikukuhkan sebagai wisata relig. Apalagi mengingat disini banyak para wali dan tokoh-tokoh agama yang telah dimakamkan.

“ Tentunya kita harapkan menjadi destinasi pariwisata seperti di Kalimantan Selatan, Martapura, Haul Sekumpul yang dihadiri ratusan ribu atau mungkin jutaan dari para peziarah dari seluruh dunia," ujar sambungnya.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan banyak data-data yang menunjukkan bahwa pariwisata adalah sektor yang dapat membangkitkan ekonomi.

BACA JUGA: Sandiaga Ingatkan Tren Pariwisata Kini Bergeser ke Digital

Kkarena dari investasi yang ditanamkan di sektor pariwisata jumlah lapangan kerja yang diciptakan bisa enam kali lipat.

Oleh sebab itu, Menparekraf akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendorong pengembangan destinasi di kawasan Jambi Kota Seberang.

Harapannya, agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan penciptaan lapangan kerja terbuka lebih luas lagi.

"Kami dari pemerintah pusat akan gerak cepat. Semua kementerian juga ditugaskan untuk membangun potensi di Jambi,” ujarnya.

BACA JUGA: Bali Segera Dibanjiri Maskapai Luar, Ini Kata Sandiaga Uno

Pihaknya, lanjut Sandiaga, juga akan berkoordinasi dengan Pak Gubernur dan pemerintah kota agar potensi yang ada bisa segera direalisasikan.

"Harapan kita di Jambi, insyaAllah kita hadirkan Islam yang rahmatan lil alamin. Sehingga ketika kita berkunjung tidak hanya bertadabbur alam. Bisa juga, melihat pemandangan yang indah, tapi juga menyukuri nikmat Allah SWT dan kita juga bisa mendapatkan sisi spiritualitas dari kegiatan kita," katanya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya