Ingin Wisata Ke Indramayu, Ini Syarat dan Tempat Rekreasi Yang Buka

KLIKNUSAE.com -  Ingin wisata ke Indramayu, Jawa Barat? Kini beberapa tempat rekreasi sudah dibuka untuk umum.

Kebijakan pelonggaran ini  karena Indramayu masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Hanya saja untuk jumlah pengunjung masih  dibatasi 25 persen dari kapasitas.

"Kita sudah mulai membuka tempat wisata yang ada di Indramayu," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara di Indramayu, Rabu 1 September 2021.

Deden mengatakan dengan masuknya Kabupaten Indramayu ke PPKM level 2, maka ada beberapa kegiatan masyarakat yang sudah diperbolehkan kembali, salah satunya tempat wisata.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Indramayu yang Nikmat dan Menggoyang Lidah. Kamu Pasti Suka!

Sebelumnya, saat PPKM level 4 dan 3 Pemkab Indramayu tidak memperbolehkan pembukaan tempat wisata, guna meminimalkan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, setelah masuk PPKM level 2, maka Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu kembali memperbolehkan pengoperasian tempat wisata.

Wisatawan atau pengunjung yang ingin wisata ke Indramayu tetap harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

BACA JUGA: Hotel Wiwi Perkasa 2 Indramayu Berikan Akomodasi Bagi Petugas Medis

Syarat Berwisata di Indramayu

"Tapi untuk pengunjung kita batasi 25 persen dari kapasitas," ujar Deden.

Namun, kata Deden, untuk obyek wisata buatan khususnya permainan air, masih tidak diperkenankan beroperasi, sampai peraturan baru keluar.

Selain itu, wisatawan juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk berwisata.

Pada aplikasi itu juga sudah terintegrasi dengan sertifikat vaksinasi, sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa surat vaksinasi sebagai bukti sudah divaksin.

BACA JUGA: Wisata Hammock Indramayu Mulai Diserbu Pengunjung

Penurunan Kasus Covid-19

Deden mengatakan saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu mengalami penurunan, begitu juga untuk kapasitas tempat tidur di ruang isolasi.

"Kasus kematian menurun, angka kesembuhan kita juga sudah naik dan kapasitas tempat tidur BOR (Bed Occupancy Rate) rendah," katanya.

Sebagaimana diketahui, Indramayu menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat karena memiliki sebutan sebagai kota Mangga.

BACA JUGA: Wisata Subang Diserbu Pengunjung, Diberlakukan Prokes Ketat

Bukan tanpa alasan, tetapi daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil mangga Cengkir yang memiliki rasa manis dan daging mangga yang lezat.

Selain itu,  Indramayu juga menawarkan berbagai tempat wisata yang indah sebagai alternatif liburan.

Tidak saja, untuk warga sekitar namun juga  wisatawan luar Jawa Barat. Wisata alam ataupun buatan, masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan sendiri-sendiri.

Taman Rekreasi Apa Saja yang Ada di Indramayu

Nah, bagi kalian yang ingin wisata ke Indramayu, berikut 6 Destinasi yang bisa Anda kunjungi saat berada di Indramayu:

1. Waterboom Bojongsari

Wisata air ini direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan untuk keluarga. Ukuran wisata kolam air ini cukup luas dan populer di kalangan wisatawan dalam negeri.

Waterboom dirancang dengan konsep Water Base Theme Park, dimana destinasinya berbasis wisata air. Selain itu ada area taman yang bernuansa alami, secara keseluruhan mirip waterboom di Bali.

Ada banyak atraksi air yang bisa dinikmati bersama buah hati atau teman-teman. Paling menantang ialah perosotan dengan tinggi sekitar 5 meter.

Kalian  akan merasakan serunya sensasi meluncur sembari berteriak kencang. Selain permainan air, pengunjung bisa mencoba keseruan bermain mini car, trampoline, hingga ATV yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Bojong Sari, Kec. Bojongsari, Kab. Indramayu.

2. Wisata Pohon Randu Gede

Sebagai tempat wisata yang menarik dan unik, Wisata Pohon Randu Gede memiliki cerita tersendiri.

Konon taman wisata yang satu ini merupakan pohon mistis yang seringkali dijadikan sebagai spot gambar yang kekinian.

Karena pohon randu gede sudah ada sejak ribuan tahun lalu dengan ketinggian sekitar 100 meter dan diameter sekitar 20 meter.

Bagi siapa saja yang sudah melihat Tempat Wisata di Indramayu ini, mereka sering takjub dengan adanya ranting pohon yang tidak pernah jatuh. Padaha ukuran pohon  lebih besar jika dibandingkan dengan pohon kelapa. Wisata ini berada di Margadadi, Kecamatan Indramayu.

Pengunjung tak hanya mendapat spot yang bagus tetapi juga pemandangan di sekitarnya memanjakan mata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

3. Pantai Lemah Abang

Destinasi alam ini selalu ramai setiap akhir pekan dan musim liburan. Lokasinya tak jauh dari jantung kota sehingga mudah dijangkau. Di sisi lain pesona alam Pantai Lemah Abang memang tidak bisa ditolak keindahannya.

Anda akan menemukan keunikan wisata ini, yaitu bibir pantai yang diselimuti oleh batuan penahan ombak.

Tepi pantainya memang tidak terlalu luas, tapi warna pasir kemerahan menjadi daya tarik tersendiri. Ketika sinar matahari sedang terik maka tanah merahnya akan semakin tampak.

 Jangan lupa mengabadikan momen sunset dalam bidikan kamera. Menurut pengunjung yang pernah kesini, waktu senja di objek wisata ini begitu memesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Desa Eretan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramanyu.

4. Jembatan Terusan Indramayu

Masih seputar tempat wisata yang cocok bagi para pemburu spot foto. Namanya adalah jembatan terusan Indramayu yang merupakan ikon terbaru.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 153 meter. Meski terbilang baru dibangun tetapi jembatan ini juga menjelma sebagai salah satu tempat favorit yang ada di daerah setempat.

Jembatan terusan Indramayu memiliki warna cerah dan disukai oleh banyak pemuda kemudian dijadikan tempat tongkrongan. Tetapi harus tetap hati-hati, ya! Jembatan terusan Indramayu ini berada di Sindang. Sangat dihimbau untuk tidak nongkrong atau mengambil foto ketika kendaraan berlalu lalang dan dalam kondisi ramai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Jalur Lohbener – Cirebon, Terusan, Kec. Sindang.

5. Taman Rusa Bumi Patra

Banyak wisatawan yang belum tahu kehadiran Taman Rusa Bumi Patra. Hal ini karena lokasinya yang masuk ke dalam Komplek Perumahan Pertamina BP.

Akses keamanan yang ketat membuat masyarakat berpikir dua kali untuk berkunjung.

Namun belakangan pemerintah setempat sudah bebas akses dan gratis tiket masuk, tapi wajib lapor tamu ke pihak keamanan.

Penangkaran alami ini dibuka secara resmi sejak tahun 2017, kemudian menjadi wahana edukasi fauna yang menarik. Bisa dikatakan bahwa wisata ini adalah penangkaran semi alami, karena masih tersedia kebutuhan habitat secara alami.

Anda dapat menemukan rumput-rumput hijau yang segar, pohon-pohon tinggi, hingga gerombolan rusa yang bebas berkeliaran.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Bumi Patra Raya, Pekandangan, Kec. Indramayu.

6. Science Center Mutiara Bangsa

Kalau musim liburan sudah tiba, tak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata ini. Science Center Mutiara Bangsa merupakan wahana baru di Kota Indramayu yang dibuka sejak bulan Oktober 2017.

Destinasi ini merupakan taman bermain yang dirancang serta didirikan khusus dengan adanya program edukasi untuk anak-anak.

Ada 48 wahana yang dilengkapi dengan adanya IPTEk serta menjadi pusat edukasi terbesar di tanah air yang bagus untuk mereka.

Science Center Mutiara Bangsa berada di Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari. Buka tiap hari meskipun hari Minggu.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya