Pukhet Sandbox Menjadi Program Konfirmasi Kasus Covid Untuk Wisman

KLIKNUSAE.Com – Phuket Sandbox menjadi salah satu program pemerintah Thailand membuka pariwisata untuk wisman. Otoritas kesehatan Phuket mengkonfirmasi kasus positif Covid-19 pertama.

Pimpinan otoritas kesehatan (PPHO) Provinsi Phuket Kusak Kukiattikoon membenarkan penemuan dua kasus terbaru di kawasan wisata tersebut.

Dua orang tersebut yakni berkebangsaan Thailand, sedangkan satu orang lagi berasal dari Uni Emirat Arab.

“Dia baru tiba kemarin dan dites setibanya di bandara. Dia datang dari Uni Emirat Arab,” kata Kusak dikutip Kliknusae dari Anadolu Agency, Rabu, 07 Juli 2021.

Dirinya juga mengatakan bahwa sejak 3 April 2021, Phuket telah mencatat sebanyak 755 kasus paparan virus Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 708 orang telah keluar dari rumah sakit, serta 46 lainnya menjalani perawatan.

Kamis lalu, Pemerintah Thailand membuka akses wisata Phuket bagi wisatawan mancanegara. Hal ini bertujuan untuk pemulihan ekonomi pariwisata yang hancur sejak setahun terakhir.

BACA JUGA: Phuket Kembali Membuka Pariwisata Untuk Wisatawan Mancanegara

Para pengunjung yang datang ke Phuket tak perlu menjalani karantina dengan catatan telah mendapat vaksin di negaranya paling tidak dalam kurun waktu empat belas hari.

Hal ini menjadikan Phuket sebagai provinsi pertama di Thailand yang membuka akses wisatanya tanpa persyaratan karantina bagi pengunjung.

Sejak Pagebluk Corona Thailanda Kehilangan Rp 730 Triliun

Sederet kebijakan tersebut merupakan program pariwisata eksperimental yang dinamakan Phuket Sandbox. Yang mana, skema tersebut ditargetkan untuk mendatangkan keuntungan senilai USD 278 juta atau setara Rp4 triliun dalam kurun waktu tiga bulan ke depan.

Jumlah tersebut bahkan masih jauh dari pendapatan pariwisata yang menyumbang satu per lima dari pendapatan negara itu.

Menurut catatan pemerintah Thailand, sejak pagebluk melanda, negaranya kehilangan sekitar USD 50 miliar atau setara Rp730 triliun.

Thailand selama ini menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan wisatawan. Beberapa spot destinasi seperti Angkor Wat,

Thailand selama ini menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan wisatawan. Beberapa spot destinasi seperti Angkor Wat, Wat Arun, Pantai Pataya, Sung Nong Nooch, Chatuchak Weekend Market yang menyediakan berbagai produk.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya