PHRI Jabar Kembali Gelar Vaksinasi, Kali Ini di STP Bandung

BANDUNG, KLIKNUSAE.com – PHRI Jabar kembali menggelar vaksinasi tenaga hotel dan restoran di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sabtu 10 Juli 2021.

Program vaksinasi yang digelar PHRI Jabar mengikutkan Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) selaku asosiasi dibawah naungan PHRI sebagai upaya mendorong target pencapaian vaksinasi untuk sektor pariwisata.

Selain AKAR dalam kesempatan vaksinasi ini juga menyertakan asosiasi lain seperti Riung Priangan, dan Bumi Melati.

“Kepedulian kami saat ini adalah, bagaimana pemulihan ekonomi bisa segera dilakukan. Kuncinya, dengan menghilangkan laju penularan Covid-19," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya bisa mendorong pelaksanaan ui program tes swab antigen dan percepatan target vaksinasi.

"Nah, untuk vaksinasi ini, kami dari PHRI memang sudah sejak awal bergerak cepat,” lanjutnya.

BACA JUGA: PHRI: Vaksinasi Pelaku Pariwisata Jabar Sudah 80 %

Salah satunya bekerjasama dengan STP Bandung untuk menyediakan tempat bagi pelaksanaan vaksinasi.

Pilihan di sekolah pariwisata negeri ini, selain mudah dijangkau juga memiliki luas area yang memadai. Tidak harus mendirikan tenda sehingga ketika cuaca panas, peserta vaksin masih cukup  nyaman.

“Sebagaimana disampaikan pak Gubernur (Ridwan Kamil) target vaksinasi di Jawa Barat antara 250-290 ribu per hari. Kita sebagai asosiasi harus mendukung program ini. Memang masih ada juga kendala, berapa banyak sebetulnya persediaan vaksin yang bisa didistribusikan. Ini yang terus kami koordinasikan,” tambahnya.

STP Bandung Siap Menjadi Sentra Vaksinasi

Ketua STP Bandung Faisal Kasim menyatakan bahwa pihaknya siap menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat umum.

BACA JUGA: Ketua PHRI Jabar Minta Birokrasi Penanganan Covid-19 Dilonggarkan

"Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung siap menjadi sentra pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat pelaku pariwisata yang ada di Kota Bandung dan Jawa Barat," tegas Faisal.

Sementara itu Dodi Ahmad Sofiandi, Wakil Ketua I PHRI Jawa Barat menjelaskan bahwa untuk program vaksinasi yang dilaksanakan 10-12 Juli 2021 berupaya untuk menyentuh para tenaga hotel dan restoran.

Ketua SekolahTinggi Pariwisata (STP) Bandung Faisal Kasim (memegang mic) saat memberikan sambutan dalam acara pelaksanaan vaksinasi untuk pekerja pariwisata Kota Bandung, Sabtu 10 Juli9 2021. Foto: Ist

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini disiapkan 2000 dosis vaksin yang merupakan bantuan dari Dinkes Kota Bandung melalui koordinasi kelembagaan dengan Disbudpar Kota Bandung sebagai pembina PHRI.

Ada sekitar 34 orang tenaga kesehatan (Nakes) dari Dinkes Kota Bandung yang akan membantu kelancaran vaksinasi. Selain itu akan dibantu juga oleh Relawan NonNakes sebanyak 60 orang.

Guna mendorong suksesnya pelaksanaan vaksinasi ini, PHRI juga menghimpun dana dari anggota yang akan dipergunakan untuk biaya honorarium relawan non nakes.

Biaya Pelaksanaan Vaksinasi PHRI Dari Sumbangan

BACA JUGA: AKAR Kota Bandung Minta Dilibatkan Dalam Rumusan Kebijakan

Biaya yang dikeluarkan  untuk 4 kali pelaksanaan mencapai Rp 24 juta, yakni selain untuk honir dana tersebut digunakan untuk konsumsi, pembelian hand sanitizer, sarung tangan dan peralatan lainya.

“Pemerintah hanya memberikan bantuan vaksin gratis saja. Untuk pelaksanaannya ya kita gotong royong,” katanya.  Dana yang dibutuhkan dalam kegiatan sosial ini mencapai Rp 104 juta.

“Sumbangan sifatnya sukarela, tidak memaksa karena kondisi saat ini sangatlah sedang kurang menguntungkan bagi siapapun termasuk para pengusaha di dunia kepariwisataan dan perhotelan,” tambah Dodi.

BACA JUGA: Menteri Kesehatan Targetkan 200 Ribu Vaksinasi di Jawa Barat Dalam Sehari

Diakui, semua usaha saat ini  sedang tidak baik-baik saja, situasi sangat dilematis. Pada satu sisi pengusaha, khususnya di hotel dan restoran meminta stimulus ekonomi.

Seperti, keringanan pajak, bantuan sosial bagi karyawan dan dispensasi pembayaran listrik, namun dipihak lain pemerintah pun sangat memiliki keterbatasan anggaran.

Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi di STP Bandung Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar, Ketua STP Bandung Faisal Kasim, Dinas Kesehaan Kota Bandung, Camat, Danramil dan undangan dari beberapa lembaga lainnya.

Sampai berita ini diturunkan pukul 10.05 WIB, proses pelaksanaan vaksinasi di STP Bandung masih berlansung. ***

Editor: Adhi

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya