Ini Dia Wisata Religi Pondok Pesantren Raden Rahmat Yang Ramah Lingkungan

Kliknusae.com - Pemerintah Kabupaten Semarang menetapkan Pondok Pesantren Raden Rahmat sebagai salah satu destinasi wisata religi.

Pesantren ini dinilai telah mampu mendorong perkembangan pariwisata, dan juga membuka peluang usaha bagi para petani dan UKM khususnya di Desa Gedong, Kabupaten Semarang.

Selain destinasi religi, pesantren beranggotakan santri dewasa dan lansia ini akan mengajak wisatawan dalam kegiatan membuat ekstrak jahe dan kopi.

Hasil olahan para santri lansia itu pun menjadi oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung.

Kepala Pondok Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat, M. Solikin mengatakan Surat Ketetapan Bupati Semarang tentang Desa Wisata ini menjadi nilai apresiasi tersendiri untuk Desa Gedong. Khususnya Pondok Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat.

Hal ini membantu optimalisasi penggerakan masyarakat sekitar lingkungan pondok untuk senantiasa menjaga kelestarian alam, selain itu, ikut memajukan perekonomian warga sekitar.

Warga dijanjikan akan mendapatkan pemasukan selain dari bertani dan bercocok tanam.

"Kami menyambut baik, penetapan Desa Wisata di Desa Gedong ini, hal ini menandakan kami selaku pengurus Pondok Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat akan terus berbenah untuk dapat membantu memajukan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar Pondok," kata Solikin, dilansir Kliknusae dari republika, Kamis (15/4/2021).

Pondok tersebut mengusung konsep ramah lingkungan, hal ini bertujuan agar pesantren lebih alami dan natural.

Sehingga membuat nyaman para santri lansia dari berbagai daerah yang ingin menimba ilmu di pesantren ini.

"Santri kami banyak datang dari luar kota, dan konsep yang kami miliki adalah kembali ke alam, dengan maksud agar para santri lanjut usia dapat fokus mendalami agama sebagai bekal menuju akhirat ditemani suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota," pungkasnya. (***)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya