8 Makanan Khas Manado yang Bikin Kamu Ngiler. Cek Tempat Makannya di Sini!

Kliknusae.com - Manado merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Selain menawarkan keindahan alam sebagai destinasi wisata, Manado menyimpan rahasia cita rasa lezat yang tak boleh dilewatkan. Yuk, cari tahu makanan khas Manado yang menggugah selera.

Tak jarang, orang-orang datang ke kota ini untuk wisata alam dan kuliner. Jika kamu sudah berencana untuk berkunjung ke kota ini, maka simpan baik-baik daftar kuliner khas Manado yang menggugah selera.

Berikut daftar kuliner khas manado yang wajib kamu coba!

Bubur Manado

Kuliner satu ini memiliki nama lain tinutuan. Terletak di Jl. Wakeke, kamu bisa menyambanginya saat pagi hari. Di mana sepanjang jalan ini berjejer jongko yang berjualan bubur Manado

Bubur Manado terbuat dari olahan beras, jagung, ubi, labu dan sayuran yang ditambah rempah pilihan.

Ikan Cakalang Fufu

Bagi kamu pecinta makanan pedas, wajib mencoba hidangan khas ini. Cakalang Fufu memiliki bahan dasar yakin ikan cakalang.

Di Manado, kata Fufu berarti ikan cakalang yang telah mengalami proses pengasapan. Makanan ini cukup terkenal. Sehingga kamu bisa menjumpai rumah makan yang menjual hidangan ini.

Woku Belanga

Woku belanga merupakan jenis makanan yang cenderung berkuah. Makanan ini merupakan hidangan sehari-hari masyarakat Manado.

Woku sendiri merupakan campuran bumbu yang meliputi daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lainnya sehingga. Woku memiliki cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Selain daging, woku juga dapat berupa ikan laut atau air tawar sebagai bahan dasar. Ciri khas makanan ini adalah rempah pilihan yang melimpah. Jika kamu sedang berada di Manado, jangan lupa mencicip kuliner lezat ini.

Klappertaart

Selain makanan utama atau makanan berat, kamu bisa mencicipi hidangan ini. Klappertaart diperenalkan oleh resep Belanda. Resep ini tiba di Manado saat zaman kependudukan kolonial.

Memiliki arti 'kue kelapa' dalam bahasa Indonesia. Klappertaart jadi oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Jalan AA MARAMIS No. 16, Kairagi Weru, Paal Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rumah Kopi Gembira

Ngopi sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat. Ditambah dengan cemilan bisa jadi kenikmatan yang pas, apalagi bersama keluarga.

Wisata kuliner Manado yang bernama Rumah Kopi Gembira bisa jadi pilihan yang pas buat kamu yang ingin nongkrong sambil ngopi. Rumah Kopi Gembira terletak di Sendangan Lingk Vl, Kinali, Kawangkoan, Minahasa Regency, Sulawesi Utara.

Dego-Dego

Dego-dego terletak di jalan Wakeke no.11. Tempat ini menjual berbagai macam hidangan khas Manado. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp4 ribu hingga Rp10 ribu. Tentunya sangat murah dan pas di kantong, bukan?

Makanan yang ditawarkan di Dego-Dego yakni Perkedel Nike dan Mie Cakalang. Untuk tinutuan disajikan dalam porsi yang besar. Tinutuan di Dego-dego disajikan secara terpisah, baik bubur dan sayurnya. Tinutuan ala Dego Dego ini dapat kamu nikmati bersamaan dengan sambal bakasang dan sambal roa yang merupakan khas Kota Manado.

Ayam Tuturuga

Olahan gading ayam jadi langganan masakan orang Indonesia, tak terkecuali di Manado. Hal ini terjadi karena ayam cukup mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

Di Manado terdapat makanan khas hasil olahan daging ayam dengan kuah santan yang nikmat. Ayam Tuturuga menjadi salah satu makanan khas Manado yang cukup diminati.

Ayam Tuturaga sekilas tampak seperti opor ayam, hanya saja warnanya cenderung merah. Kuah santan hidangan ini dicampur dengan perasan jeruk nipis dan cabai merah, sehingga memberikan rasa asam dan pedas yang sangat menyegarkan. Makanan ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat, tanpa perlu sambal tambahan lagi.

Sayur Ganemo

Selain terkenal dengan cita rasa pedas dan ikan cakalang, Manado terkenal dengan olahan sayur yang cukup sederhana. Hidangan yang terdiri dari berbagai macam sayuran ini dinamakan sayur Ganemo. Terdapat bumbu khusus yang membuat rasanya tak mudah terlupakan.

Sayur Ganemo terdiri dari campuran daun melinjo, bunga pepaya, serta labu kuning. Hidangan ini termasuk kuliner klasik, yang sudah ada sejak zaman dulu. Saat ini, Sayur Ganemo disajikan di beberapa warung makan di Manado. Kamu wajib mencicipi cita rasa makanan khas Manado yang melegenda ini jika mengunjungi kota Manado.

Sebelum kamu beranjak ke Manado, coba tulis daftar makanan apa yang akan kamu cicipi ya! Karena di sini masih banyak lagi hidangan menarik lainnya yang sayang jika kamu lewatkan. Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Lainnya