Diler Mobil Kini Melakukan Penjualan Mobil Melalui Pendekatan Digital

Kliknusae.com - Masyarakat membutuhkan kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari. Namun, bertandang ke diler mobil tentunya bukan ide yang bagus selama pandemi COVID-19.

Untuk itu, sejumlah perusahaan otomotif di Indonesia berupaya menghadirkan diler secara digital di mana calon konsumen bisa menimbang produk yang akan mereka beli dari rumah.

Pengalaman belanja otomotif secara digital memang tidak memberikan kepuasan layaknya mendatangi pameran atau diler secara offline, di mana calon konsumen bisa menjajal duduk di balik setir, merasakan performa dan meraba setiap lekuk desain kendaraan kemudian membandingkannya dengan merek lain.

Namun bisa membutuhkan waktu seharian untuk berkeliling diler mobil demi membandingkan model dan merek terbaik.

Maka salah satu kelebihan inovasi digital adalah calon konsumen bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih cepat terkait mobil yang mereka inginkan.

Sebagian aplikasi tersebut juga sudah bisa menghubungkan calon konsumen dengan tenaga penjual untuk berkonsultasi terkait model kendaraan dan berbagai opsi pembayaran.

Meski segmen pembeli kendaraan via platform digital masih terbatas, namun setidaknya ada opsi yang bisa ditawarkan pabrikan agar pasar dapat tetap bergerak.

"Di satu sisi kami terus launching layanan digital baru untuk memastikan kebutuhan konsumen juga terpenuhi sekalian ngasih angin segar ke market, biar enggak stagnant. Karena kalau tetap stagnant efeknya kemana mana, dari hulu ke hilir," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi sebagaimana dilansir Antaranews.

Menurut Suwandi, masyarakat sebenarnya berkebutuhan untuk membeli atau mengganti mobil lama dengan baru sebagai moda transportasi yang lebih aman selama pandemi COVID-19.

Dengan demikian, vaksinasi bisa menjadi stimulus pemulihan ekonomi nasional, tidak terkecuali di segmen otomotif yang berkontribusi pada PDB nasional.

Sejalan dengan upaya pemerintah, produsen otomotif pun memutar otak agar dapat menarik minat konsumen selama pandemi ini.

Platform digital menjadi salah satu inovasi untuk membawa diler mobil ke layar ponsel calon konsumen. Selain lebih efisien dan aman, platform digital juga membuka ruang bagi konsumen untuk membandingkan produk secara lebih cepat berdasarkan data yag disuguhkan tiap-tiap pabrikan.

Di sisi lainnya, pihak penjual mobil juga bisa memantau atau "monitoring market" guna melihat pola pembelian mobil melalui digital. Mereka bisa memetakan segmen pasar berdasarkan usia, mobil yang diminati hingga kebiasaan-kebiasaan tertentu oleh konsumen yang terekam platform, kemudian menjadi masukan untuk pengembangan bagi pabrikan.

Hal tersebut merupakan peluang bagi industri otomotif nasional untuk terus mengembangkan bisnisnya secara digital, sekaligus tantangan bagaimana menyakinkan konsumen untuk tidak menunda pembelian karena pertimbangan pandemi. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya