Sediakan Rapid Test di Tempat Wisata, Pemprov Jateng Bikin Posko Bergerak

Kliknusae.com - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan rapid test secara sampling saat libur panjang cuti bersama yang dimulai, Rabu (28/10/2020) besok.

Pelaksanaan Rapid Test ini akan  dipusatkan di Gerbang Tol Kalikangkung dan sejumlah obyek wisata.

"Selain di Kalikangkung, ada di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu, dan Borobudur. Akan ada Mobile PCR (polymerase chain reaction) di sana," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng Satriyo Hidayat, dilansir dari Antaranews, Sabtu (24/10/2020).

Dalam menyambut libur panjang akhir Oktober 2020, Dishub juga membuat posko pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan akan dipadati wisatawan.

"Tiga pos pantau yang akan didirikan, yakni di Exit Tol Brebes, Gerbang Tol Kalikangkung, dan Simpang Bawen-Ambarawa," jelasnya.

Ia melanjurkan, pos pantau itu didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu-lintas. Rekayasa lalu-lintas juga akan dilakukan, sehingga tidak terjadi kenaikan jumlah kendaraan.

Pihaknya akan memusatkan perhatian di enam wilayah, yakni sekitar Bandungan dan Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, serta Obyek Wisata Belik dan Owabong di Kabupaten Banyumas. Kawasan lainnya adalah Dataran Tinggi Dieng, yakni Bukit Sikunir dan Candi Arjuna.

Khusus wisatawan yang hendak berkunjung ke Dieng, Satriyo meminta mereka yang menggunakan bus untuk parkir di Terminal Mendolo Wonosobo agar tidak terjadi kecelakaan.

"Pulang dari Dieng itu turunannya panjang. Kalau tak terbiasa, penggunaan remnya tidak paham," ujar dia. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya