Lampung Ingin Bangkitkan Pariwisata Ditengah Pandemi Corona

Kliknusae.com, Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung terus gencar melakukan promosi, pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata.

Hal ini dilakukan  karena potensi yang tersedia di provinsi paling ujung di selatan Sumatera itu cukup layak guna menjadi tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagaimana dilansir Antara, Minggu (30/8/2020) menyatakan, pihaknya mendukung dan mendorong pembangunan kawasan pariwisata yang terintegrasi ke pelabuhan di Bakauheni agar menjadi salah satu objek wisata unggulan di Indonesia.

Di Bakauheni, lanjut dia, nantinya akan dibangun perhotelan, mal, pusat UMKM dengan produk lokal, dan kebun raya, diharapkan pada 2022 sudah dapat dibuka untuk wisatawan, baik nasional maupun internasional.

Ia menyebutkan dengan dukungan infrastruktur yang bagus, diharapkan industri pariwisata dapat berkembang dengan baik.

Karena itu, pihaknya segera mengembangkan kawasan wisata terpadu Bakauheni, Lampung Selatan, yang terintegrasi dengan pelabuhan penyeberangan.

Penyeberangan dan pariwisata menjadi bagian yang berkaitan erat dan dapat dikembangkan secara maksimal, ujar dia, sehingga memberikan nilai positif bagi pengembangan industri pariwisata dan sektor lain, khususnya membangun perekonomian di Provinsi Lampung.

Di sisi lain, Gubernur Lampung menjelaskan bahwa rata-rata 20.000 orang melintasi Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Bakauheni dan sebaliknya dalam sehari, namun hal tersebut hanya menyentuh sektor perhubungan.

Dengan adanya "Kawasan Wisata Terpadu Bakauheni Harbour City" nantinya, ia berharap pada masa yang akan datang tidak hanya sektor perhubungan, tapi juga dapat menyentuh sektor pariwisata dari perlintasan orang yang menyeberang.

Ia mengharapkan dari 20 ribu penumpang tersebut sedikitnya ada sekitar 10 persennya yang singgah di kawasan wisata terpadu ini setiap harinya.

Arinal juga mengharapkan adanya kegiatan diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan dapat menjadi sarana untuk berdiskusi guna meningkatkan Pembangunan di Provinsi Lampung khususnya di sektor pariwisata.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pun mengajak semua pihak membangkitkan kembali industri pariwisata di daerah setempat di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengajak membangun komitmen bersama untuk memulihkan kembali industri pariwisata di Provinsi Lampung.

"Ini saatnya berbenah diri terhadap kebangkitan pariwisata di daerah itu dalam masa adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pariwisata sebagai salah satu dari penopang perekonomian, namun dalam pelaksanaannya tetap harus berhati-hati terhadap COVID-19.

Menurut dia, di satu sisi perekonomian harus berjalan, tetapi di sisi lain menyelamatkan masyarakat dari COVID-19 jauh lebih penting.

Karena itu, lanjut dia, kebangkitan pariwisata harus diiringi dengan memperhatikan dengan ketat protokol kesehatan. (adh/ant)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya