Panduan Nonton Di Bioskop, Begini Aturan Mainnya

Kliknusae.com -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah melakukan uji coba protokol kesehatan menjelang dibukanya kembali Bioskop di Indonesia secara serentak pada 29 Juli 2020.

Bioskop-bioskop ini harus  menerapkan serangkaian protokol kesehatan era new normal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona(Covid-19).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpakrekraf), Wishnutama Kusubandio, Jumat (10/7/2020), turun langsung dalam ujicloba tersebut-yang dirangkaian dengan acara kampanye Indonesia Care.

"Indonesia Care merupakan komitmen bersama bangsa Indonesia untuk menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia sepenuh hati peduli akan kualitas kebersihan tanpa celah," kata Wishnutama dalam acara peluncuran Indonesia Care di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Uji coba protokol kesehatan untuk bioskop turut dipandu oleh Division Head, Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Bandaranaike.

Berikut protokol kesehatan dalam alur menonton bioskop di era new normal:

Penonton

1.Wajib menggunakan masker.

2.Wajib melalui prosedur pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area bioskop.

3.Wajib mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan.

4.Pastikan ponsel memiliki aplikasi pemindai kode QR untuk memasukkan data diri.

5.Mengantre sesuai jalur yang telah ditentukan bagi pengguna M-Tix atau pembeli tiket manual.

6.Patuhi aturan jaga jarak saat mengantre tiket bioskop, memesan makanan, duduk di ruang tunggu, saat berada di dalam bioskop, dan saat di kamar mandi.

7.Penonton yang menunggu di ruang Premiere boleh duduk bersama jika keluarga.

8.Pembelian tiket diimbau melalui M-Tix atau menggunakan metode non-tunai.

10.Pemesanan makanan diimbau melalui M-Tix.

Pengelola bioskop

1.Sediakan tiga baris untuk memisahkan pelanggan M-Tix, pelanggan yang membeli tiket secara manual, dan penonton yang akan keluar usai menonton.

2.Petugas menggunakan masker, sarung tangan, dan penutup wajah.

3.Petugas mengarahkan penonton untuk merobek tiketnya sendiri, dan ditaruh di atas keranjang.

4.Sebelum pemutaran film berlangsung, selalu tayangkan imbauan protokol kesehatan yang berisi anjuran pemakaian masker, selalu mencuci tangan, dan jaga jarak.

5.Beberapa bangku bioskop dikosongkan agar masing-masing penonton bisa jaga jarak.

"Kalau tidak pakai masker, tidak diperkenankan untuk masuk. Scan kode QR untuk pelacakan kontak. Kalau terjadi apa-apa, mudah dilacak," ujar Dewinta.

Sementara untuk pemesanan makanan, Dewinta menganjurkan penonton menggunakan aplikasi M-Tix untuk mengurangi adanya antrean.

"Langsung beli dari M-Tix, konfirmasi pesananan, masukkan pin. Saat selesai, ambil pesanan ke tempat pickup nanti scan barcode," tutup Dewinta.

(adh/*)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya