19 Daerah Ini Bisa Menjadi Tujuan Berlibur Karena Angka Covid-19 Rendah

Kliknusae.com - Bagi kalian yang ingin berlibur jangan mengambil resiko berpegian ke kawasan atau daerah yang masih dinyatakan zona merah. Red Zone ini sewaktu-waktu bisa menimbulkan penularan virus corona (Covid-19).

Nah, ada kabar gembira dari Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito.

Dia menyebut hampir 60 persen daerah di Indonesia berisiko rendah virus Corona. Data ini dilihat dari 31 Mei hingga 21 Juni 2020.

"Kalau kita lihat peta zonasi sejak tanggal 31 Mei sampai dengan 21 Juni yang lalu, terlihat bahwa daerahnya di 46,7% yang berisiko rendah dan hijau, ternyata turun menjadi 44% dan naik terus menjadi 52%, 58,3%. Jadi relatif hampir 60% daerah di Indonesia risikonya rendah dan hijau," ujar Wiku dalam pemaparannya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020).

Wiku juga menunjukkan posisi Indonesia yang berada di tengah-tengah secara ekonomi dan kesehatan karena dampak virus Corona.

Wiku optimistis posisi tersebut bisa menjadi modal bagus bagi Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19.

"Dengan kebijakan yang sudah dibuat oleh pimpinan pemerintah RI, ada tahapan-tahapan untuk membuka bertahap menjadi masyarakat produktif dan aman COVID dan terlihat dari kebijakan ini, posisi Indonesia dibanding dengan negara lainnya ternyata secara ekonomi dan kesehatan, kita tidak lebih buruk dari yang lainnya, bahkan kita relatif netral di sana. Ini adalah modal untuk maju ke depan," kata Wiku.

Wiku menunjukkan ada 38 kabupaten dan kota yang tidak ada tambahan kasus baru virus Corona. Data ini merupakan update 21 Juni 2020.

"Bagian yang penting adalah ternyata daerah-daerah tertentu di Indonesia mampu meredam ini menjadi zona hijau yang dulunya zona kuning," kata Wiku.

Wiku mengapresiasi seluruh kepala daerah di 38 daerah ini. Menurutnya, ini adalah prestasi luar biasa.

"Ini adalah para keberhasilan ASN, pimpinan daerah yang bisa mengamankan dan bisa menekan kasus-kasus baru, dan tidak ada yang meninggal di sini, dan ini adalah prestasi yang luar biasa," katanya.

Berikut ini daerah-daerah yang berhasil keluar dari zona kuning Corona:

  1. Aceh: Aceh Barat Daya, Pidi, Simeule, Gayo Lues, Bener Meriah
  2. Sumatera Utara: Toba Samosir, Labuan Batu
  3. Sumatera Barat: Padang panjang, Pariaman, dan Solok
  4. Riau: Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Dumai, dan Kampar
  5. Jambi: Bungur Tebo
  6. Bengkulu: Mukomuko, Seluma
  7. Lampung: Tulang Bawang, Pringsewu, Tulang Bawang Barat
  8. Kepulauan Riau: Karimun
  9. Jawa Tengah: Wonogiri, Pekalongan
  10. DKI Jakarta: Kepulauan Seribu
  11. NTB: Bima
  12. Sulawesi Barat: Muna Barat
  13. Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan
  14. Sulawesi Selatan: Palopo
  15. Sulawesi Barat: Mamuju Utara dan Majane
  16. Maluku: Pulau Talibu
  17. Maluku Utara: Buru Selatan
  18. Papua: Mamberamo Tengah
  19. Papua Barat: Teluk Wondama dan Manokwari Selatan

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya