Paguyuban Tionghoa,Sunda Wani dan PHRI Cianjur Salurkan Bantuan Sembako dan APD

Kliknusae.com - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Distrik Cipanas-puncak,DPC Paguyuban Sundawani Pacet-Cipanas dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur menyalurkan bantuan paket sembako, dan alat pelindung diri (APD),Rabu (22/4/2020).

Kegiatan Solidaritas Sosial Bersama untuk Saudara Sebangsa Indonesia adalah dalam upaya meringankan warga yang terdampak pandemic corona (Covid-19).

Untuk APD berupa masker dan pelindung wajah (face shield) disalurkan untuk 9 Puskesmas,1 klinik dan 1 RSUD Cimacan.

Sedangkan paket sembako diberikan bagi para lansia, keluarga pra sejahtera, petugas kebersihan, ojek pangkalan pedagang kecil dan masyarakat yang membutuhkan.

Selain sembako gabungan paguyuban ini juga memberikan makanan sehat siap saji kepada Posko Gabungan di area Segar Alam Puncak (pintu masuk dari Arah Bogor dan Jakarta) yang terdiri dari aparat kepolisian (Brimob),TNI (Armed 5 Tarik), Dinas Perhitungan, Satpol PP, Petugas Kesehatan, dan lainnya.

Satyawan Hambari, Dewan Pakar PHRI BPD Jawa Barat-yang juga pernah menjabat sebagai Ketua PHRI BPC Kabupaten Cianjur selama 20 tahun mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan kepada mereka yang terdampak Covid-19 dan petugas pencegahan penyebaran virus corona datang dari berbagai donator.

"Banyak para dermawan yang tergerak untuk bisa ikut meringankan beban saudara-saudara kita. Mereka menitipkan amanah ini ke kepada kami untuk kemudian diteruskan kepada mereka yang membutuhkan," kata Satyawan kepada Kliknusae.com.

Menurut Owner Sindanglaya Hotel dan Restoran ini, ditengah mewabahnya virus corona banyak tenaga medis tanpa lelah berjibaku untuk melakukan pencegahan hingga perawatan kepada mereka yang kemungkinan bisa tertular Covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi kerja keras para tenaga kesehatan di Puskesmas, Klinik dan RSUD Cimacan. Setelah berkonsultasi dengan pimpinan dan Kepala Fasilitas Kesehatan, mereka lebih memerlukan APD dibandingkan dengan makanan sehat siap saji. Oleh sebab itu kami pun memutuskan untuk mendonasikan APD yaitu berupa Masker dan Face Shield," jelas Satyawan.

Untuk APD dan Face Shield yang disalurkan sudah memenuhi protokol kesehatan yang diterapkan.

"Barang-barang APD ini kita pesan langsung dari pabrik di Semarang,Jawa Tengah," tambahnya.

Sedangkan untuk makanan siap saji dibagikan kepada mereka yang selama ini umumnya berpenghasilan tidak tetap, seperti pekerja yang mendapat hasil harian untuk dikonsumsi pada hari yang sama.

"Ada juga yang belum bekerja,ditambah dengan kondisi sekarang, mereka pun menjadi sangat kesulitan. Kelompok ini yang kami bantu. Makanannya kita pesan dari para pemilik warung yang terjamin kebersihannya," jelas Satyawan.

Kegiatan lainnya yakni menyiapkan paket sembako yang diutamakan untuk Lansia dan keluarga pra Sejahtera serta mendonasikan bahan makanan dan sayuran yang dibeli langsung dari petani untuk sedikit membantu mereka.

"Bahan sayur-sayuran dan lainnya kita akan kirim ke dapur umum akan disiapkan oleh aparat keamanan TNI dan kepolisian (Brimob) pada akhir April nanti. Oleh sebab itu kami juga sampaikan permohonan maaf kepada para donator karena  sebagian untuk penyediaan nasi box kita alihkan dapur umum," lanjut Satyawan.

Kegiatan Solidaritas Sosial Bersama untuk Saudara Sebangsa Indonesia ini  mulai dilaksanakan sejak Senin (20/4/2020) berupa pendistribusian  APD ke Faskes Puskesmas, Klinik Dan RSUD Cimacan, seluruhnya 9 unit.

Kemudian dilanjutkan pada Selasa  (21/4/2020 berupa pengiriman  paket Sembako utamanya kepada lansia dan keluarga pra sejahtera. Dan, pada Rabu (22/4/2020) pembagian makanan sehat siap saji dan masker bagi masyarakat yang membutuhkan.

Terakhir pada  27 April mendatang kembali akan  mendonasikan bahan makanan dan sayuran untuk dapur umum yang disiapkan oleh aparat keamanan TNI dan Polisi Brimob, dimana selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan.

Salah satu Penasehat PSMTI distrik Cipanas-Puncak, Setiawan Limarga, pemilik Sturgis Boutique Hotel juga ikut andil besar dalam pemberian donasi untuk kepedulian sosial ini.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya