Kala Liburan ke Nias, Jangan Lupa Beli 3 Oleh-oleh Ini!

Kliknusae.com - Saat berwisata ke suatu tempat, oleh-oleh atau cenderamata khas menjadi salah satu hal yang akan selalu dicari wisatawan. Setiap orang pun punya incaran yang berbeda untuk oleh-oleh, ada yang mencari makanan, ada juga yang mencari pernak-pernik untuk dibagikan ke sanak saudara, kolega, atau teman kantor.

Begitu pula kala berkunjung ke Nias, jangan lupa belanja oleh-oleh khas dari pulau di perairan barat Sumatra ini, terutama olahan kuliner khas di sana. Sama seperti budayanya, olahan kuliner khas Nias pun istimewa.

Nah berikut ini ada tiga oleh-oleh kuliner khas Nias yang wajib dicoba dan menjadi buah tangan yang bisa kita beli seusai berkeliling Pulau Nias yang eksotik.

Galame Durian

Camilan selanjutnya yaitu Galame Durian atau dodol durian. Bahannya tak jauh beda dari dodol pada umumnya. Rasanya manis legit dan teksturnya kenyal. Bagi pecinta durian, wangi durian yang khas pada makanan ini sangat kental dan bisa saja bikin kalap.

Namun bagi yang tak suka dengan durian, tak khawatir. Ada pula pilihan dodol berbahan pisang ambon. Teksturnya tidak sekenyal durian dan rasanya tidak semanis dodol durian, ada sedikit rasa getir di lidah karena bahannya menggunakan pisang ambon muda. Harga camilan dodol durian ini sekitar Rp 85.000 sedangkan yang berbahan pisang sekitar Rp 25.000 saja.

Tabadu Coffe Robusta

Pulau Nias memang bukan pusatnya minuman kopi, namun bagi pecinta kopi dan ingin membawa pulang kopi khas Nias sebagai buah tangan, ada satu rekomendasi nih untuk Anda. Namannya Kopi Tabadu, sebuah kopi Robusta dari Kota Gunungsitoli.

Kopi ini nikmat dengan rasa kopi hitam yang lebih pahit. Untuk yang menyukai cita rasa manis, Kopi Tabadu cocok sekali kalau dicampur dengan susu kental manis. Harga satu bungkus Kopi Tabadu berkisar antara Rp 40.000 untuk ukuran kecil sampaiĀ  Rp 80.000 untuk ukuran yang besar.

Garifi Gae Siata dan Gamumu

Olahan kuliner Garifi Gae, merupakan oleh-oleh berupa camilan berbahan dasar talas yang dikeringkan menjadi keripik dan dibumbui. Cita rasanya gurih dan sedikit pedas. Bagi Anda yang ingin belanja buah tangan ini harganya juga cukup terjangkau hanya Rp. 45.000.

Sedangkan keripik Gamumu, dalam bahasa Nias "gamumu" berarti pisang. Gamumu merupakan camilan yang diolah menggunakan buah khas Nias. Terbuat dari pisang ambon yang masih hijau lalu diiris tipis digoreng dan dibumbui manis madu dan coklat. Karena bahannya menggunakan pisang ambon muda, rasa getir sedikit menghiasi rasa manisnya madu yang justru memperkaya rasa keripik pisang itu.Jika Anda tertarik membeli oleh-oleh khas Nias tersebut, datang saja ke pusat Kota Gunungsitoli. Tepatnya di Pusat Oleh-oleh dan Kuliner Nias Pasar Gomo. Atau jika terburu-buru untuk mengejar penerbangan, kita bisa mendapatkannya di Bandara Binaka. Namun harganya memang sedikit lebih mahal dibanding membeli di pusat oleh-olehnya.***(IG/Sumber & Foto: Pesona Indonesia)

 

Share this Post:

Berita Terkait