Windows Phone dan Nokia Lumia Sudah Tak Bisa Pakai WA

JALAJAHNUAE.com - Bagi yang masih menggunakan telepon genggam Windows Phone dan Nokia Lumia, harus berlapang dada. Pasalnya, dua merek hp tadi sudah tak lagi bisa mengunakan aplikasi WahtasApp.

WhatsApp sudah menghentikan dukungan pada sistem operasi (OS) Windows Mobile. Tentu saja,kebijakan ini akan berdampak pada jutaan pengguna ponsel Windows Phone dan Nokia Lumia.

Penghentian hubungan ini sudah disampaikan WhatsApp pada penggunanya jauh-jauh hari. WhatsApp mengatakan aplikasi ini bisa saja sewaktu-waktu berhenti beroperasi. WhatsApp sudah tak tersedia di toko aplikasi Windows Phone sejak Juli 2019.

Microsoft pun sudah mengajukan pengguna untuk operasi sistem WIndows 10 Phone untuk beralih ke Android, iOS atau ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

"Ini adalah keputusan sulit yang kami buat, tetapi hal yang terbaik yang ingin kami lakukan adalah memberikan cara terbaik bagi pengguna untuk berhubungan," ujar WhatsApp seperti dikutip dari blog resminya, Jumat (3/1/2020).

Sebelumnya pada 10 Desember 2019, Microsoft menghentikan dukungan kepada sistem operasi Windows 10 Phone.

Microsoft tidak akan mengirimkan pemutakhiran (update) keamanan (security), tidak ada pembaruan non-keamanan dan tidak ada dukung gratis lagi.

Bersamaan dengan penghentian dukungan itu, Microsoft pun mematikan Windows Phone. Microsoft pun sudah menyarankan penggunanya untuk segera beralih ke perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS.

Windows 10 Mobile diluncurkan pada 2015 sebagai pesaing Android dan iOS. Pada 2017 perusahaan mengumumkan tidak akan secara aktif merilis pembaruan dan pengembangan di sistem operasi ini.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya