Pemkot Semarang akan Gelar "Semarang Night Carnival 2020"

Kliknusae.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar event tahunan Semarang Night Carnival (SNC) 2020. Dengan mengusung tema "KEMILAU NUSANTARA" #darisemaranguntukindonesia, SNC 2020 akan dilaksanakan pada 30 Maret 2020.

Tema ini pun menjadi bentuk dukungan kepada pariwisata Indonesia, terutama untuk program 5 Destinasi Super Prioritas yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tujuannya untuk mempopulerkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia, diantaranya Borobudur (Jawa Tengah), Likupang (Sulawesi Utara), Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), dan Danau Toba (Sumatera Utara).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan SNC tahun ini digelar lebih cepat. Biasanya diselenggarakan bertepatan dengan peringatan HUT Kota Semarang pada 2 Mei. Namun kali ini lebih awal karena akan  digelar berbarengan dengan puncak acara Summit Kota Sehat 2020.

SNC 2020 pun termasuk dalam rangkaian acara Summit Kota Sehat. Diikuti para peserta dari perwakilan Forum Kabupaten/Kota Sehat dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dengan jumlah sekitar 514 kabupaten/kota, terdiri dari 416 kabupaten dan 98 kota.

Menurut Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, SNC kali ini menjadi rangkaian penutupan acara summit, seminar, dan expo Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia tahun 2020.

"Di tahun ini saya pastikan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun yang lalu. Dengan kedatangan tamu dari 416 kabupaten dan 98 kota se-Indonesia, maka kami dan tim dari dinas akan lebih mematangkan konsep dan acara yang lebih meriah," terangnya dikutip dari situs Disbudpar Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Kota Semarang Ade Bhakti Ariawan memaparkan, tentang tata cara pendaftaran peserta SNC 2020 semuanya dilakukan secara online. "Di tahun ini pendaftaran SNC semua full online dan bisa diakses di situs pariwisata.semarangkota.go.id," jelasnya.

Masih menurut Ade, peserta dibagi menjadi dua kategori, yakni pelajar (dilengkapi dengan KTA) dan umum (KTP). Kuota jumlah pesertanya maksimal 300 orang.

"Peserta melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti grandjury maksimal tanggal 21 Maret 2020, dengan mengumpulkan bukti pendaftaran online disertai foto menggunakan kostum, dengan ukuran foto 4R, dan Surat Keterangan dari sekolah," sambung Ade.

Berkas peserta akan dikumpulkan di Bidang Kesenian, Disbudpar Kota Semarang, yang berada di Gedung Pandanaran lantai 8, Jalan Pemuda 175, Sekayu, Kota Semarang. Pendaftaran peserta ditutup pada Sabtu, 7 Maret 2020.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait