Taman Selecta, Taman Rekreasi Tertua di Kota Batu

Kliknusae.com - Kini pariwisata Jawa Timur semakin menggeliat, terbukti dengan banyak bermunculan wahana-wahana wisata baru, terutama di wilayah Kota Batu dan Kota Malang. Namun dari sekian banyak wahana baru, di Kota Batu juga terdapat taman rekreasi yang telah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Namanya Taman Selecta.

Taman Selecta merupakan taman tertua yang dibangun pada 1920 oleh arsitektur seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt pada masa kolonial. Dulunya, Taman Selecta merupakan lokasi peristirahatan strategis dan tempat bersenang-senang bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Hingga saat ini pun masih menjadi destinasi favorit bagi semua lapisan masyarakat.

Daya tarik Taman Selecta, selain berudara sejuk juga mempunyai pemandangan taman yang indah nan bersih, sehingga membuat para wisatawan betah berlama-lama. Apalagi kompleks taman ini didukung dengan fasilitas yang memadai. Seperti hotel, kolam renang, tempat makan, hingga mushola.

Lokasinya pun mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Malang atau  4 km dari pusat Kota Batu.

Keberadaan taman ini memang sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga baik saat musim liburan ataupun akhir pekan. Bahkan destinasi wisata legendaris tersebut sudah dikenal di beberapa negara, seperti Belanda, Malaysia, Korea, Jepang, Taiwan, dan Singapura. Karena di taman inilah terdapat wahana bermain dan taman bunga yang luasnya hampir 18 hektare.

Sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di sana, diantaranya naik kuda berkeliling taman, mencoba adrenalin dengan flying fox, bermain sky ride di atas taman bunga, bermain di wahana air atau kolam renang, atau sekadar minum kopi di restoran sambil menikmati suasana alam yang sejuk dengan panorama penuh kehijauan.

Selain itu, bagi pengunjung yang hobi mengoleksi bunga, bisa mampir ke pasar bunga yang ada di Taman Selecta ini. Di situ, pengunjung dapat membeli benih biji bunga untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah.***(IG/sumber: Pesona Indonesia)

Share this Post:

Berita Terkait