Karawang Miliki Destinasi Wisata Pengelolaan Limbah Yang Unik

Kliknusae.com - Bicara kawasan wisata di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mungkin ada yang luput dari perhatian banyak orang. Di daerah yang terkenal dengan kawasan industri ini ternyata  memiliki spot destinasi unik yakni pengelolaan limbah.

Sepintas bisa jadi orang akan kaget begitu mendengar kata limbah. Bahkan akan terpikir, kotor dan bau tak sedap.

Tapi, Anda akan berdecak kagum begitu menginjakan kaki di lokasi pengelolaan limbah yang satu ini. Malah, mungkin akan sibuk berfoto ria karena sayang melewatkan sudut-sudut taman yang indah.

Ya, Waste Water Treatment Plant (WWTP) Organica Suryacipta yang dikelola PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), bukan sekedar pengelolaan limbah dari hasil industri di sekitar.

Tetapi juga memberikan edukasi pengelolaan limbah, sekaligus menghadirkan taman bermain yang unik.

Kliknusae.com yang baru-baru ini berkesempatan berkunjung ke WWTP Organica Suryacipta mendapati berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh di atas proses pengelolahan limbah. Kesan semula, begitu memasuki pekarangan gedung WWTP tak lebih dari gedung pengelolaan limbah biasa.

Namun begitu begitu diajak melihat lokasi proses pengelolaan limbah di belakang gedung, sungguh mengejutkan. Hamparan tumbuh-tumbuhan hijau berbagai jenis membentuk taman layaknya kebun raya.

Tidak ada tercium bau limbah, yang ada justru udara segar yang mengalir melalui sela-sela dedauan. Cukup menarik, karena seperti kita sedang berada di bentara hutan.

"Ada beberapa pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai pre-wedding, karena memang spot-nya menarik kan," kata Dinah Puja Astuti General Manager Batiqa Hotel & Apartment Karawang saat mendampingi kunjungan ke WWTP.

Dari Batiqa Hotel & Apartment Karawang-yang juga bagian dari grup bisnis Suryacipta, "Taman Limbah" ini bisa ditempuh tak lebih dari 20 menit. Dari gedung hotel juga bisa dilihat hijaunya berbagai macam tumbuhan.

Dikatakan Dinah, ke depan kawasan ini akan dijadikan salah satu destinasi wisata sehingga wisatawan yang berkunjung di Karawang bisa menikmati kesegaran taman seklaligus memperoleh pengetahuan bahwa proses pengelolaan limbah secara modern tidak membahayakan.

Seperti diketahui sistem pengolahan air limbah modern berkapasitas 5.000 m3/hari tersebut, mengolah limbah seluruh pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta Karawang. Caranya, dengan mengalirkan limbah pabrik melalui pipanisasi.

Keberadaan fasilitas WWTP dengan fasilitas pendukungnya sendiri merupakan bentuk komitmen PT Surya Semesta Internusa (SSIA) Tbk melalui anak usahanya PT Suryacipta Swadaya sebagai bagian SSIA untuk mewujudkan kawasan industri yang sehat.

Dalam pengelolaan limbah ini perusahaan juga menerapkan prinsip green/ramah lingkungan dalam setiap kegiatannya.

Pembangunan WWTP sendiri dimulai sejak September 2016 dengan menggandeng perusahaan WWTP ternama asal Hungaria, Organica Technologies.

Organica Technologies merupakan perusahaan Waste Water Treatment yang berdiri sejak tahun 1998 dengan  proyek yang tersebar di Prancis, Hungaria, China, dan Indonesia serta merupakan market leader WWTP dalam hal teknologi Fixed-Bed Biofilm Activated Sludge (FBAS).

Pembangunan WWTP dilakukan di atas lahan seluas lebih dari 3 hektare dengan nilai investasi sebesar RP68 miliar.

Uniknya lagi, gedung operasional WWTP Organica Suryacipta menerapkan prinsip green dengan menggunakan green electricity yaitu memanfaatkan energi matahari berupa solar panel yang diparalelkan dengan listrik yang dipasok oleh PLN.

Kapasitas listrik solar panel terpasang sebesar 20 KVA dari total pemakaian listrik sebesar 197 kVA.

Kapasitas WWTP terpasang tersebut diperuntukkan mengolah air limbah yang dihasilkan para tenant di Kawasan Industri Suryacipta yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 1.400 hektar.

Sistem pengolahan WWTP disini yakni melalui  proses pengolahan air limbah yang berasal dari tenant menggunakan akar tanaman, di mana akar tanaman tersebut berfungsi sebagai tempat berkembangbiaknya mikro organisme yang akan menguraikan air limbah.

Teknologi pengolahan air limbah yang diterapkan di WWTP Organica Suryacipta merupakan teknologi terbaru yang diterapkan di Indonesia.

Selain itu, pembangunan fasilitas ini juga merupakan wujud partisipasi aktif perseroan dalam mendukung program Citarum Harum yang diinisiasi Pemerintah untuk mengurangi pencemaran di sungai Citarum.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya