Ini Dia 5 Sajian Kuliner Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba

Kliknusae.com - Sajian kuliner selalu menjadi pelengkap yang mengasyikkan dalam perjalanan ke berbagai daerah, terutama menu kuliner khas. Apalagi di Indonesia yang terdiri ragam suku bangsa, banyak melahirkan pula berbagai macam kuliner khasnya.

Seperti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang terkenal dengan julukan "Kota Seribu Sungai" ini pun menyimpan banyak sajian kuliner khas yang menggugah selera. Berikut ini ada lima sajian kuliner khas Banjarmasin yang patut dicoba, diantaranya:

Soto Banjar

Kala berkunjung ke Banjarmasin, terasa kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner satu ini. Sajian kuliner Soto Banjar. Soto yang terkenal sebagai soto dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah dengan citarasa yang lezat. Isian berupa taburan telur asin, ayam suwir, serta kombinasi lontong. Sensasi itu makin sempurna, jika Soto Banjar disantap di atas perahu di tepian Sungai Mahakam.

Cacapan Asam

Masyarakat Banjarmasin memang terkenal menyukaikuliner bercitarasa manis, asam, pedas, dan gurih. Nah citarasa tersebut hadir di hidangan Cacapan Asam. Cacapan Asam berisi buah-buahan yang dicincang, dicampur dengan asam Jawa, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Biasanya dicampur dengan terasi yang dibakar. Semua bahan dipotong dan dicampur.

Nasi Kuning

Nasi kuning ala Banjarmasin berbeda dengan nasi kuning daerah lain, sebab bumbunya menggunakan lauk bumbu habang atau bumbu merah seperti nasi Bali. Lauk tersebut bisa berupa ayam, itik, atau ikan. Selain lauknya yang berbeda, aroma Nasi Kuning Banjar ini juga berbeda karena berasnya dimasak dengan daun pandan agar lebih harum.

Nasi Itik Gambut

Masakan nasi ini memiliki karakteristik tersendiri karena bumbunya yang melimpah dan meresap hingga ke dalam daging. Bumbu yang digunakan yaitu bumbu balado bercitarasa manis. Jika ingin pedas, tambahkan beberapa sendok sambal saat menyantapnya. Harganya cukup terjangkau, berkisar Rp13 ribu hingga Rp20 ribu-an saja.

Gangan Humbut

Gangan dalam Bahasa Banjar berarti "sayur", sedangkan humbut adalah rebung atau tunas pohon kelapa. Gangan Humbut merupakan salah satu kuliner tradisional khas Banjarmasin yang dimasak dengan bumbu bawang merah yang dicampur dengan santan, kacang panjang dan labu serta humbut. Rasanya sangat gurih apalagi setelah dicampur dengan ikan yang dimasak dengan sambal.*** (IG/sumber: pesona.travel)

Share this Post:

Berita Terkait