"Artotel Earth", Program Peduli Lingkungan Artotel Group

Kliknusae.com - "Artotel Earth" merupakan program rangkaian kepedulian sosial tahunan dari Artotel Group yang sebelumnya bernama "Artotel for Hope". Artotel for Hope sendiri sudah dimulai sejak tahun 2016. Kegatannya berlangsung setiap Desember atau akhir tahun.

Pada tahun 2019 ini, Artotel Group mulai memposisikan menjadi program berkelanjutan terhadap lingkungan, dengan mengganti nama programnya menjadi Artotel Earth. Bekerja sama secara strategis dengan Yayasan WWF Indonesia (WWF-Indonesia) sebagai mitra resmi program Signing Blue.

Artotel Group pun sudah terdaftar sebagai member hotel dari program Signing Blue tersebut. Hotel yang sudah terdaftar ini, telah melalui penilaian sebagai hotel yang ramah lingkungan, mulai dari pengurangan penggunaan plastik, pengaturan limbah ramah lingkungan, dan ikut mensejahterakan kelestarian bahari untuk sekarang dan masa mendatang.

Artotel Earth pada Desember 2019 melakukan rangkaian aktivasi pertama kolaborasi dengan WWF-Indonesia yang mengangkat tema "Mangurangi Sampah Plastik". Rangkaiannya terdiri dari:

Pengumpulan Donasi

Selama Desember 2019, Artotel akan menyisihkan Rp. 10.000,- dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF-Indonesia yang akan digunakan untuk kegiatan pelestarian lingkungan maritim dan pengelolaan limbah di Indonesia. Nantinya para tamu akan mendapatkan komik karya Mulyakarya yang menceritakan tentang Labuan Bajo.

Pameran Seni

Menampilkan pameran seni karya Mulyakarya, sebuah kelompok seniman asal Yogyakarta, berupa komik, poster, lukisan, dan instalasi yang digelar serentak di Artspace semua properti Artotel Group mulai 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2019.

Cenderamata "Daur Ulang" bersama TRI Upcycle

Bekerja sama dengan TRI Upcycle, sebuah usaha sosial (social enterprise) yang memproduksi barang-barang daur ulang untuk mengurangi sampah lingkungan. Artotel Earth mengumpulkan linen bekas dari semua properti untuk diubah menjadi merchandise (cenderamata) khas Artotel Earth berupa tas belanja. Nantinya hasil penjualan tas tersebut disumbangkan kepada WWF-Indonesia dan TRI Upcycle guna penanaman pohon di Kalimantan Tengah.

Menurut CEO Artotel Group Erastus Radjimin, Artotel Earth merupakan bentuk komitmen Artotel Group untuk peduli terhadap lingkungan.

"Karena sebagai pelaku industri pariwisata yang mengusung brand 'Gaya Hidup Masa Kini', peduli terhadap lingkungan juga merupakan bagian dari gaya hidup masa kini, dimana kita aktif menjaga dan melestarikan bumi ini untuk tetap hijau dengan ekosistem yang baik agar dapat dapat dinikmati oleh genrasi masa depan," paparnya.

Terkait program lingkungan ini, Artotel Group menggelar konferensi pers serentak di semua properti miliknya pada Kamis (28/11/19). Seperti yang digelar di de Braga Hotel by Artotel Bandung yang menghadirkan General Manager de Braga by Artotel Anton Susanto dan Indarwati Aminudin, perwakilan dari WWF-Indonesia.

"Program ini merupakan development dari grup agar berpikir berbeda untuk life balance. Lingkup kecilnya di lingkungan hotel sendiri. Kami pun sudah mulai melakukan dengan mengurangi plastik. Contohnya mengganti botol minuman plastik di kamar hotel dengan botol kaca yang kita sediakan khusus, tapi tetap higienis. Kemudian toiletris yang ramah lingkungan, pengolahan limbah ramah lingkungan, serta ada penjualan tas dari bahan linen bekas," papar Anton.

Sementara itu, Indarwati menyampaikan, WWF-Indonesia melakukan kemitraan program peduli lingkungan lebih banyak dengan private sector karena akan lebih mudah diterapkan dan lebih leluasa. Kalau dengan pemerintah harus menyusun dulu regulasi dan lain-lainnya.

"Dan program yang diluncurkan WWF yaitu Signing Blue. Dimana WWF bermitra dengan private sector, untuk industri pariwisata hotel, restoran, dan kapal pesiar. Tujuannya mengajak bersama-sama untuk menjaga kelestarian lingkungan," jelas Indarwati.

Melalui komitmen ini, semua properti Artotel Group akan menerapkan kegiatan operasional yang ramah lingkungan dan dilakukan secara bertahap dengan bantuan kerja sama WWF-Indonesia. Artotel Earth juga terbuka untuk bekerja sama bagi institusi lokal lainnya yang memiliki visi dan misi yang sama terhadap lingkungan.***(IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait