Inilah 7 Bumbu Rempah Termahal di Dunia, No. 7 Harganya Fantastis!

Kliknusae.com - Herbal dan rempah-rempah merupakan istilah yang biasa kita gunakan secara bergantian. Secara tradisional, rempah-rempah terbuat dari akar, kulit kayu, biji-bijian, dan lain-lain. Rempah-rempah biasa kita kenal sebagai penambah rasa atau bumbu pada masakan. Didapat dengan harga terjangkau. Namun ternyata ada rempah-rempah yang menjadi bumbu dengan harga yang sangat fantastis, lebih mahal dari bahan utama masakannya. Berikut ini ada 7 rempah-rempah paling mahal di dunia!

Asafoetida (Hing) - $ 100 / kg

Rempah ini berasal dari Afghanistan, Iran, dan Tajikistan. Memiliki bau menyengat, tidak menyenangkan yang hanya bisa dicintai oleh seorang ibu. Rempah ini juga digunakan sebagai pengganti bawang putih di beberapa hidangan. Bumbu itu sendiri bukan tanaman, tetapi jus kering yang diekstrak dari akar tanaman. Rasa dan baunya seperti bawang putih, yang berubah menjadi sangat lezat ketika dicampur dengan mentega.

Lada Merah Muda - $ 100 / kg

Jika Anda menyukai merica merah muda, Anda harus mengeluarkan 50 hingga 100 dolar AS. Berry kecil ini tumbuh di pohon-pohon. Mempunyai rasa yang manis dan aroma yang menyenangkan membuatnya sangat populer.

Pala - $ 600 / kg

Jenis rempah ini harganya berkisar dari $ 100 hingga $ 600 per 1 kg. Pala diolah dengan proses yang cukup rumit dan dilakukan secara manual. Proses itulah yang menyebabkan pala dilabeli dengan harga tinggi.

Kapulaga - $ 350 / kg

Catatan pertama kapulaga ditemukan 4.000 SM pada lempung tanah liat dari Babel Kuno. Negara India dan Sri Lanka menjadi pemasok terbesar, tetapi rempah ini dapat tumbuh hampir di mana saja. Kapulaga dianggap sebagai obat mujarab untuk semua penyakit dan sering disebut "raja rempah-rempah".

Vanila - $ 800 / kg

Vanilla merupakan buah anggrek yang belum matang. Satu kilo rempah harum ini berharga $ 800. Dengan disimpan dengan benar, aroma vanila yang fantastis dapat bertahan selama 40 tahun. Harga vanila itu terus tumbuh. Namun para ilmuwan khawatir bahwa lebih dari 80% perkebunan mungkin mati karena infeksi jamur.

Saffron - $ 6.000 / kg

Satu kilogram safron atau sejenis kunyit ini berharga hingga 6.000 dolar AS. Rempah ini adalah satu-satunya bumbu yang sudah super mahal sejak Abad Pertengahan. Termurah adalah kunyit Iran yang harganya $ 460 / kg. Sedangkan yang paling mahal adalah Spanyol. Safron kelas tinggi asli dijual dalam ukuran per gram.

Akar Ginseng Liar - $ 3,836 / g

Nah yang berikut ini, bisa jadi sebagai rempah yang paling mahal. Satu gram bumbu ini bisa seharga 3.846 dolar. Kelangkaan root ini yang menyebabkan harganya jadi sangat mahal. Akar ginseng liar pun tercantum dalam Buku Merah Internasional.***

(IG/sumber & Foto: brainberries.co)

Share this Post:

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae