Berburu Kelezatan Kuliner Khas Betawi

Klik nusae - Bagi para pecinta kuliner khas daerah Indonesia, bolehlah mampir ke perhelatan Jakarnaval 2019 di kawasan Monas yang digelar Minggu, 30 Juni 2019. Di sana pecinta kuliner bisa berburu kelezatan kuliner khas Betawi yang memanjakan lidah sambil menikmati suguhan pentas seni budaya dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta.

Kuliner Betawi seperti disitat dari laman pesona.travel, secara garis besar dibagi dalam 3 kategori, yaitu makanan utama, penganan atau kue, dan minuman. Berdasarkan literatur, kuliner Betawi mendapat pengaruh dari Cina (pemakaian mie), Arab (rempah-rempah), India (santan), dan Belanda (smoor atau semur).

Pengaruh budaya bangsa luar itulah yang membuat kuliner Betawi mempunyai karakter unik. Cita rasa kuliner Betawi umumnya mempunyai rasa gurih yang tak dominan, tapi kuat rasa rempah-rempahnya. Pemakaian gula dan garam dalam kuliner Betawi lebih sebagai pelengkap rasa.

Berikut ada beberapa refensi kuliner khas Betawi yang siap diburu di acara Jakarnaval 2019 nanti. Ada makanan utama yang sarat akan rempah-rempah yaitu Soto Betawi. Olahan kuliner ini berupa potongan daging dengan kuah santan dan paduan rempah yang kuat serta dilengkapi emping melinjo. Kemudian ada semur daging dan jengkol yang memakai bumbu kecap dan paduan rempah-rempah.

Pilihan selanjutnya, Nasi Uduk Betawi dengan memakai bumbu daun salam, cengkeh, serai, garam, dan santan. Ada juga Nasi Ulam dengan taburan serundeng dari kelapa muda parut dan campuran rempah-rempah. Lainnya, ada Gabus Pucung, Laksa Betawi, Nasi Kebuli, Sayur Godog, Toge Goreng, Soto Mie, Sayur Besan, dan Sayur Babanci.

Untuk kategori penganan atau kue, pengunjung bisa mencoba dodol Betawi berbahan tepung ketan, santan, dan gula. Di daerah Pejaten, Condet, dan Setu Babakan, dodol Betawi masih ada yang membuatnya dengan wadah besar atau disebut kenceng.

Baca juga: Parade Jakarnaval 2019, Rayakan HUT ke- 492 Kota Jakarta

Kemudian ada kerak telor yang memakai beras ketan, telur, dan udang kering atau ebi. Ragam penganan lainnya yaitu kue akar kelapa yang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, santan, gula, dan garam. Belum lagi penganan geplak, uli, kue kembang goyang, talam, bugis, dongkal, dan gemblong.

Nah untuk urusan minuman, cobalah kesegaran minuman paling ikonik di Tanah Betawi, bir pletok yang memiliki cita rasa rempah yang kuat. Inilah minuman Betawi dengan nama bir yang tak memabukan. Jenis minuman lainnya ada minuman selendang mayang dengan memakai tepung sagu aren, tepung beras, gula, dan santan.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait