Puasa Di Banda Aceh Ditemani Festival Ramadhan

Klik nusae - Menjalankan puasa Ramadhan di Banda Aceh berbeda dengan di daerah Indonesia lainnya. Bagaimana tidak,bertepatan dengan bulan suci bagi umat Islam itu,berbagai event digelar.

Adalah tari sufi menjadi art opening Festival Ramadhan 2019, yang dibawakan tiga komunitas seni di Aceh,Selasa petang (7/5/2019) lalu di Taman Budaya, Banda Aceh.

Festival Ramadhan 2019 ditandai dengan penabuhan bedug oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

"Kami akan menggelorakan syariah dan festival Ramadhan 2019 masuk dalam sepuluh top even kelender wisata," ujar Nova Iriansyah.

Ia mengatakan, mengacu pada arahan Kemenpar, persiapan acara hendaknya dilakukan tiga bulan sebelum hari H.

Demikian juga dana untuk persiapan dan promosi even, setara dengan dana yang dihabiskan untuk pagelaran.

Tak lupa ia juga mengapresiasi kreativitas dari Disbudpar Aceh dalam menghadirkan Festival Ramadhan 2019.Festival Ramadhan 2019 hadir di Taman Budaya, Banda Aceh, selama dua pekan yakni 7-21 Mei 2019.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengukuhan Provinsi Aceh sebagai destinasi halal di Indonesia sekaligus melakukan pembenahan dalam menyambut wisatawan.

"Festival Ramadhan 2019 sebagai salah satu event wisata Islami yang terangkum dalam Calendar of Event (COE) 2019 akan menyemarakkan Bulan Ramadhan dengan ragam kegiatan yang bersifat syiar dan syair, " ujar Jamal.

Jamal berharap, kehadiran Festival Ramadhan 2019 dapat memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi halal unggulan nasional dan internasional. Wisatawan diharapkan bisa menikmati pesona dan keunikan wisata budaya Islam.

Sementara, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan Festival Ramadhan 2019 akan dipusatkan di Taman Budaya.

"Kegiatan akan dimulai pukul 16.30 sampai 20.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan kembali pada pukul 21.30 hingga selesai," papar Rahmadhani.

Selain kesenian dalam Festival Ramadhan ini juga digelar berbagai ragam kuliner yang ditampilkan sejumlah stan bazar.

Penjual jajanan kuliner menjajakan dagangannya untuk menemani wisatawan berbuka puasa. Selain itu juga ada Pentas dan Lomba Seni Budya Islami, Pameran Budaya Islami, Pemutaran Film Islami, Buka Puasa Bersama, Tausyiah dan kegiatan pendukung menarik lainnya.

"Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lelang baju artis nasional. Hasil lelangnya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa," tambah Rahmadhani.

(adh/kom)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya