Galendo, Oleh-oleh Manis dari Ciamis

Klik nusae - Berkunjung ke suatu daerah tentu tak lupa membawa cenderamata atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Oleh-oleh khas daerah biasanya yang menjadi incaran, baik itu berupa barang ataupun makanan.

Begitu pula kala berkunjung ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jangan lupa membawa oleh-oleh berupa panganan khasnya, yaitu galendo. Panganan ini terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Biasanya disajikan untuk makanan ringan atau hidangan penutup. Sangat lezat jika dinikmati dengan secangkir teh hangat.

Seiring perkembangan zaman, kini galendo hadir dengan beragam pilihan rasa. Kemasannya pun sudah menarik dengan menggunakan alumunium foil sehingga dapat tahan lama dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Menurut H. Endut, salah seorang pengusaha pembuatan galendo, makanan ini dibuat dengan melalui beberapa tahapan. Diawali pengumpulan bahan baku kelapa, lalu pengupasan kelapa dan diparut hingga menjadi air santan.

"Air santan itu digodok hingga terbentuk serbuk-serbuk galendo. Setelah itu dilakukan pengepresan dan dibentuk. Kemudian dikemas dalam wadah anyaman bambu. Nah minyak hasil pengepresan disebut virgin coconut oil atau dikenal di sini sebagai minyak keletik, sangat baik buat kesehatan," papar H. Endut saat ditemui di pabriknya beberapa waktu lalu.

Galendo buatan H. Endut tersebut diolah secara higenis dan tidak meninggalkan metode tradisional. Rasa galendonya pun beragam, seperti rasa original, coklat, kacang, pisang, dan rasa susu. Dijual dengan kemasan menarik dan harga terjangkau.*** (IG)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae