Hotel di Pantai Marbella dan Pantai Anyer Tetap Buka

JELAJAH NUSA - Industri pariwisata di Banten tak ingin terlalu larut dalam musibah tsunami yang terjadi.Sambil tetap waspada dan memperbaiki beberapa infrastruktur yang terdampak bencana, hotel-hotel di sekitar Pantai Marbella dan Pantai Anyer tetap beroperasi.

Tsunami yang terjadi di Banten, Sabtu (22/12/2018) malam memang tidak begitu berpengaruh untuk hotel-hotel yang ada di sekitar Pantai Anyer.

"Sepanjang Anyer dan Marbella itu tak terdampak dan tak terlalu berat kerusakan. Tetap beroperasi dan maksimal," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten, Achmad Sari Alam,kemarin.

Menurutnya, ada sekitar lebih dari 1.000 kamar penginapan di sekitar Pantai Marbella dan Anyer yang masih bisa beroperasi. Hingga saat ini, hotel-hotel di sana tetap beroperasi dan menerima wisatawan.

"Hotel-hotel di Anyer dan Marbella itu seperti Nuansa Bali, Hotel Patra, Sangiang dan lainnya masih beroperasi. Mereka masih aman dan tak bangunannya tak terkena ombak," jelasnya.

Achmad menyebut ombak tsunami hanya masuk ke daerah taman hotel di sekitar Pantai Anyer dan Marbella. Ombak yang masuk tak merusak bangunan hotel.

"Untuk pembersihan sampah di area hotel mungkin butuh waktu sekitar tiga hari. Yang bermasalah itu hanya Tanjung Lesung Cinangka, dan Carita. Kiranya supaya jadi pertimbangan lagi. Harapan kami tidak kekhatiwaran yang berlebih dan kami pasti berikan pelayanan yang terbaik untuk wisatawan," ujar Achmad.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Provinsi Banten, Mukhlis Ikhsor Gatot juga menyatakan hal yang serupa dengan Achmad.

Saat ini, Mukhlis sedang berada di daerah Pantai Marbella Anyer untuk berlibur.

"Anyer itu gak ada masalah. Pariwisata tak kena dampak. Yang terkena dampak ombak itu dari Carita dan Tanjung Lesung. Kalau di Anyer ombaknya kecil," ujar Mukhlis.

(adh/kom)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya