Hati-hati Jalur Wisata Garut Banyak Rusak

JELAJAH NUSA - Bagi yang ingin berlibur ke Kabupaten Garut,Jawa Barat  harus memperhatikan beberapa akses menuju objek wisata. Pasalnya, sebagian akses jalur objek wisata unggulan di kawasan ini, masih ada yang rusak, tetapi secara fungsi sudah cukup aman untuk dilintasi kendaraan wisatawan yang ingin mengisi waktu libur lebaran.

"Masih ada yang belum maksimal (bagus) tapi secara fungsinya saya kira sudah cukup nyaman dilewati," kata Plt Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut, Jujun Juansyah kepada wartawan di Garut, Sabtu (16/6/2018).

Ia mengatakan, jika dipersentasekan 90 persen akses jalan menuju objek wisata di Kabupaten Garut sudah bisa dilewati kendaraan dengan mudah dan aman.

Namun beberapa titik jalan, kata dia, masih ada yang perlu diperbaiki seperti jalur menuju Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora.

"Belum maksimal diperbaiki itu seperti daerah Cikembluan sehingga kenyamanannya kurang," katanya.

Ia menyampaikan, jalur wisata lainnya yang masih terdapat kerusakan jalan yakni menuju Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Menurut dia, jalur wisata alam unggulan di Garut itu masih ada beberapa titik jalan yang kondisinya belum dapat diperbaiki oleh pemerintah daerah.

"Papandayan jalur kabupaten, kondisinya sudah 90 persen bagus, tapi ada beberapa yang rusak sekitar 10 persen, tapi secara keamanan masih layak dilalui kendaraan," katanya.

Sementara daerah wisata lainnya seperti Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, kata dia, telah dilakukan pemerataan jalan agar pengendara nyaman saat melewati jalur tersebut.

Selanjutnya, kata dia, jalur objek wisata Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler sudah selesai dilakukan pemeliharaan sehingga aksesnya lebih mudah.

"Wisata Situ Bagendit tidak masalah, untuk daerah selatan seperti Pantai Sayang Heulang sudah bagus, kemudian daerah lainnya ada yang sudah bagus," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Garut memiliki kewenangan untuk pemeliharaan jalan sepanjang 829 kilometer, sebesar 75 persen dalam kondisi bagus.

"Hanya 75 persen yang sudah mantap, ini yang menjadi 'PR' (pekerjaan rumah) yang ditargetkan bupati tahun ini 80 persen jalan sudah harus bagus," katanya.

(adh/ant)


KOMENTAR
Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya