West Java Festival 2024 Usung Konsep yang Berbeda, Catat Tanggalnya

KLIKNUSAE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali bersiap menggelar event akbar, West Java Festival 2024 (WJF) 2024. Event tahunan yang menghadirkan berbagai atraksi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini WJF akan dirangkaikan dengan acara Harvesting Program Bangga Buatan Indonesia. Dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI/BBWI).

Sebagai pembuka, Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Kick Off West Java Festival 2024 di Ruang Publik Seni Kreatif pada Kamis, 25 Juli 2024.

Acara ini juga disertai dengan talkshow interaktif Bewara Jawa Barat (BEJA) Vol.08, yang menampilkan tiga narasumber: Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Jabar Yulia Dewita, serta Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Mochamad Lukmanul Hakim.

BACA JUGA: West Java Tourism Talk, Menakar Kinerja Sektor Pariwisata Jawa Barat

"Kami sangat antusias menyambut pelaksanaan WJF 2024. Melalui event ini, kami berharap bisa menjadi rujukan. Khususnya, bagi masyarakat untuk mengenal keunggulan sektor pariwisata dan budaya di Jawa Barat," kata Benny Bachtiar.

Menurutnya, event  juga merupakan bagian dari implementasi kolaborasi Pemprov Jabar untuk masyarakat.

WJF 2024 akan berlangsung selama dua hari, menampilkan berbagai keunggulan kuliner, seni, dan budaya dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

"Semoga ini menjadi jembatan untuk menumbuhkan rasa Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia kepada masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA: Menyatukan Persepsi Pariwisata Priangan Timur, PHRI Gelar Rapat di Ciamis

WJP 2024

Selain itu, Yulia Dewita menyampaikan bahwa WJF 2024 juga akan menghadirkan side event bernama West Java Partnership Day (WJP) 2024.

Dimana, nanatinya  akan diisi dengan berbagai kegiatan informatif dan edukatif. Seperti Job Fair, Edu Fair, Bazaar Kuliner, Seminar, dan lain-lain.

“Kami berharap melalui kegiatan WJP ini, kita dapat memberikan informasi yang lebih luas. Utamanya, mengenai implementasi kerja sama yang telah dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Barat. Serta, memberikan kesempatan dan peluang yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Yulia.

Lebih lanjut, Kabid Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menjelaskan bahwa WJF 2024 akan menampilkan side event Konsumen Cerdas (Koncer).

BACA JUGA: Menteri Pariwisata Sandiaga Rekomendasikan Desa Wisata Cisaat untuk Wisatawan

Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi konsumen serta pelaku usaha di Jawa Barat. Terutama, terkait perlindungan konsumen. Sekaligus menumbuhkan rasa Bangga Buatan Indonesia kepada masyarakat.

“Pada WJF 2024 ini, Koncer akan menampilkan produk-produk unggulan yang telah terstandarisasi dan terkurasi. Kami berharap acara ini semakin menumbuhkan kecintaan terhadap produk buatan dalam negeri,” jelas Lukmanul Hakim.

Sedangkan, WJF 2024 akan digelar di Area Gedung Sate, Kota Bandung pada 23-24 Agustus mendatang.

Masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui platform Instagram @thewestjavafest, @smiling.wesjava, dan @disparbudjabar.

Dengan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, akademisi, pelaku industri, komunitas, dan media massa. Gelaran WJF 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi di Jawa Barat. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya