Hebat, Provinsi Babel Borong "Calender of Event Wonderful Indonesia 2020"

Kliknusae.com - Pencapaian yang spektakuler. Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan  Jelajah Pesona Jalur Rempah di Provinsi Bangka-Belitung (Babel) merupakan empat dari 100 atraksi yang lolos masuk Calender Of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan bahwa CoE Wonderful Indonesia 2020 merupakan salah  satu program strategis Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan daya tarik wisata di Indonesia.

" Calender Of Event Wonderful Indonesia diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (winus) ke Tanah Air. Melalui media ini,wisman maupun winus dapat mengetahui jadwal event wisata maupun budaya sepanjang tahun 2020 mendatang "  ujar Menpar saat memberi sambutannya pada acara Launching Calender of Event Wonderful Indonesia 2020 Selasa malam (15/19) di ruang Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Menpar menuturkan bahwa sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, penyelenggaraan event-event di Indonesia diharapkan memiliki standar nasional dan internasional yang meliputi tiga aspek yakni koreografi, penataan musik maupun kostum dan busana.

" Event yang diusulkan oleh 34 provinsi kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar RI yang kemudian ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020. Nantinya Kemenpar akan melakukan pendampingan terhadap 100 event yang masuk dalam CoE 2020" ujar Arif Yahya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rivai mengatakan bahwa empat atraksi Babel yang lolos merupakan bagian dari sepuluh atraksi yang diminta oleh Kemenpar RI.

"Sepuluh event yang diminta Kemenpar sudah kita penuhi," kata Rivai  yang didampingi Achmad Fajri,
Kepala Seksi Promosi Pariwisata Disbudpar Prov Kepulauan Babel  Kliknusae.com, Rabu (16/10/2019).

Kesepuluh  event tersebut adalah Toboali City On Fire, Festival Tanjung Kelayang, Bangka Culture Wave, Sungailiat Triathlon, Jelajah Pesona Jalur Rempah, Festival Jiran Nusantara, Ngembarik de Belitong Timor, Festival Karang Lintang, Pesona Belitung Beach Festival dan Belitung Creative Week.

"Alhamdulilah, khusus dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tahun ke tahun mengalami penambahan. Tahun 2018 ada dua event yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia yakni Festival Tanjung Kelayang dan Bangka Culture Wave," tambahnya.

Ia pun merasa senang karena tahun 2019 bertambah satu yakni Toboali City On Fire.

"Dan Alhamdulilah hari ini bertambah lagi satu yakni menjadi empat event : Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan  Jelajah Pesona Jalur Rempah " ujarnya.

Lebih jauh lagi Rivai  menjelaskan bahwa ada perubahan penetapan event Babel yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia 2020 yakni Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah.

" Tahun ini ada perubahan, ini berdasarkan pertimbangan dari Tim Kurator Kemenpar RI" jelasnya.

Sejalan dengan arahan Menpar, Rivai mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung event-event yang masuk dalam 100 CoE Wonderful Indonesia 2020 serta event-event lainnya di Babel agar jumlah kunjungan wisman dan winus dapat mencapai target.

" Dukungan ini hendaknya dapat lebih meningkatkan kualitas event melalui peningkatan kriteria penilaian yang telah ditetapkan Kemenpar. Adapun kriteria tersebut yakni setiap event mutlak harus memiliki nilai budaya/kreatif, nilai komersil dan nilai komunikasi/media" jelas Rivai.

Beliau juga menekankan bahwa persiapan pelaksanaan keempat event tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat.

Sejalan dengan persiapan, beliau juga berharap agar dapat dilakukan promosi secara massif agar kegiatan ini nantinya dapat memberi nilai bagi masyarakat di Bangka Belitung.

"Keempat event ini dapat memberikan nilai ekonomi bukan kepada pihak penyelenggara tetapi yang paling penting peningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat melalui pendapatan akomodasi, transportasi, kuliner dan souvenir" ujar Rivai.

Hadir pada kesempatan ini pejabat dari Kementerian Pariwisata RI, Kepala Daerah, Kepala Dinas Pariwisata dari 34 Provinsi/perwakilannya, dan Media.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya