Atlet Lari Internasional Arief Wismoyono Sebut Rute Sari Ater Jambore Trail Run Terbaik

KLIKNUSAE.com - Arief Wismoyono, atlet trail running mengungkapan sepanjang dirinya mengikuti event lari, rute Sari Ater Jambore Trial 2024 merupakan yang terbaik.

“Rutenya cukup bagus, relatif bisa untuk terus berlari,” kata Arief saat ditemui Kliknusae.com, Minggu 4 Agustus 2024, beberapa menit setelah menyelesaikan finish kategori 45 Km.

Menurut anggota International Trail Running Association (ITRA) yang akan mewakili Indonesia di ajang bergengsi Ultra-Trail du Mont-Blanc (UTMB) 2024 di Paris itu, banyak keunggulan yang bisa diperoleh saat mengikuti event ini.

“Yang paling keren itu, saat kita melintas di Kawah Domas, Gunung Tangkuban Perahu. Pemandangan sungguh luar bisa indah. Jadi, saat merekomendasikan buat teman-teman pelari, tahun depan harus ikut event lari ini,” kata Arief Wismoyono.

BACA JUGA: Peserta Sari Ater Jambore Run 2024 Kategori 45 Km Start, Tembus Cuaca Dingin

Arief pun mengaku puasa berlari bersama peserta lain dalam Sari Ater Jambore Trail Run. Cuaca yang sejuk setelah hujan sehari sebelumnya menambah kenikmatan berlari bagi Arief.

“Jalurnya bagus, kemudian saya pakai GPS sangat akurat. Dan, banyak marshal untuk kategori 45 Km sehingga kita sebagai pelari sangat nyaman. Tanpa nyasar, gas pol gays,” kata Arief sambil tersenyum sumringah.

Fasilitas Water Stasion

Tidak hanya itu, Arief juga memuji fasilitas water station yang ditempatkan di kebun stroberi. Dimana, mana para peserta dapat menikmati jus stroberi segar untuk menyegarkan diri.

“Oh ya, water station di Sari Ater Jambore Trail Run ini terbaik. Jus stroberinya di Asep Stroberi asli segar,” kata Arief.

BACA JUGA: Menteri Pariwisata Sandiaga Sebut Sari Ater Jambore Run 2024 Penuh Petualangan

Arief sendiri meupakan peserta lari Kategori 45 Km yang finish pertama dengan waktu tempuh 5,29 jam.

Sementara itu, secara umum Event lari Sari Ater Jambore Trail Run ke-3 terbilang sukses. Kegiatan yang digelar oleh Sport Event Management Indorace ini mengusung tema ‘Discover Your Adventure"

Pada event ini, peserta tidak hanya berlari menikmati keindahan alam di Kawasan Sari Ater. Namun juga, berkesempatan untuk berkemah dan barbeque di area Campervan.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Event Pocari Sweat Run Naik Kelas, Seperti Marathon Tokyo

Pemilihan Kategori

Terdapat tiga kategori jarak lomba di Sari Ater Jambore Trail Run 2024, yaitu 17 kilometer, 8 kilometer, dan 45 kilometer.

Tentang pelaksaan event lari tahun ini, Andi Sadruddin Rohadian mengemukakan  bahwa pemilihan kategori ini disesuaikan dengan tema peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

"Karena dilaksanakan di bulan Agustus, ini tematik untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, dengan angka-angka 17, 8, dan 45," kata Andi.

Pada event sebelumnya, kategori jarak 4,5 kilometer diganti menjadi 45 kilometer, dengan start pada pukul 03.00 WIB, Minggu dini hari.

Rute meliputi area Perhutani Alam Wisata, Puncak Gunung Tangkuban Perahu, dan kebun teh di kawasan Ciater.

Memberikan Edukasi

Menurutnya, Jambore Trail Run juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kiat aman berlari.

Event ini menjadi yang pertama digelar dengan menyasar segmen keluarga.

"Kegiatan Sari Ater Jambore Trail Run ini sudah tahun ke-3 di 2024. Tahun pertama diselenggarakan 2022, kedua 2023, dan ketiga 2024,” paparnya.

“Jumlah peserta meningkat dari tahun pertama 120 orang, tahun kedua 180 orang, dan tahun ini 350 orang," kata Andi.

"Konsep awal Sari Ater Jambore Trail Run ini untuk mengedukasi para pelari agar berlari secara aman di trail, karena selama ini kebanyakan lomba lari diselenggarakan di jalan raya," tambahnya.

Peserta Jambore Trail Run 2024 tidak hanya berasal dari Subang, tetapi juga dari kota-kota lain seperti Bandung, Jakarta, dan Cirebon. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya