Sejarah, Kloter Subang Jadi yang Pertama Terbang dari Bandara Kertajati

KLIKNUSAE.com - Kloter Subang menjadi bagian dari sejarah penting karena merupakan  yang pertama dari Jabar diberangkatkan dari Embarkasi Kertajati.

Secara provinsi, Kloter Subang merupakan yang ketiga dari total 72 kloter Jabar. Ada 440 orang jemaah asal  Suabng yang diberangkatn pada pukul 09.30 WIB, Minggu 12 Mei 2024  menuju Madinah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah hari ini kita melepas kloter pertama dari Kertajati dan ini merupakan yang ketiga dari Jawa Barat," ujar Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin saat melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Subang dari Embarkasi Kertajati di Bandara Internasional Kertajati (BIJB), hari ini.

BACA JUGA: Bey Cek Kesiapan Asrama Haji Indramayu, Yang Kotor Masih Harus Dibersihkan

Bey pun meminta doa dari seluruh masyarakat agar para jemaah diberikan kelancaran dalam beribadah dan selamat sampai tujuan.

Selain itu, Bey juga memastikan sejauh ini tidak ada kendala apapun untuk pelayanan penerbangan haji dari Bandara Kertajati.

"Semuanya baik, untuk keberangkatan hari ini dari kertajati cukup baik, pelayanan dari betugas juga ramah dan baik," katanya.

BACA JUGA: Pemda Jabar akan Pastikan Kesiapan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati

Menjaga Kesehatan

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kementerian Agama Ali Ramdani berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan, apalagi saat ini estimasi posisi suhu di Arab Saudi 40 - 46 derajat celcius.

"Kita berharap jemaah dapat menata badannya, menjaga badan dan adil terhadap badannya sehingga saat puncak haji mereka dapat berada pada kondisi fit," kata Ali.

Tema Haji tahun ini, Kemenag mencanangkan Haji Ramah Lansia dikarenakan mayoritas jemaah saat ini berada pada ketagori lanjut usia.

BACA JUGA: HajiPintar, Mempermudah Jamaah Haji dan Umrah, Begini Cara Daftarnya

"Kita berharap kita saling mendoakan terutama untuk para jemaah haji agar mendoakan bangsa Indonesia, negara kita senantiasa berada dalam keadaan harmonis, rukun dan sejahtera," katanya.

Selain itu, para jamaah yang dijadwalkan terbang melalui BIJB Kertajati, rencananya akan dibagi dua sesi.

Penerbangan dari 12-23 Mei 2024 para jemaah akan mendarat di Madinah. Sedangkan yang terbang dari 23 Mei-10 Juni, akan mendarat di Jeddah. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya