Embung Wanakaya di Indramayu tak Sekedar Pengairan, Menghadirkan Spot Wisata Baru

KLIKNUSAE.com -  Embung Wanakaya Embung Wanakaya di Indramayu, Jawa Barat, menjadi bukti dari upaya pembangunan infrastruktur air yang tidak hanya memenuhi kebutuhan irigasi.

Tetapi juga memberikan keindahan yang memukau bagi pariwisata sehingga kawasan ini bisa menjadi salah satu spot unggulan wisata di Indramayu.

"Masyarakat di beberapa daerah masih mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, dan ini menjadi perhatian kami untuk terus menyediakan infrastruktur air," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sabtu 3 Januari 2024.

Embung Wanakaya, yang dibangun pada tahun anggaran 2020-2021 dengan dana sekitar Rp32,4 miliar dari APBN, telah membuktikan keberhasilannya sebagai solusi multifungsi.

BACA JUGA: Produksi Gabah Indramayu Terus Meningkat, Mencapai 1,49 Juta Ton

Tidak hanya sebagai penyedia suplai air untuk lahan pertanian seluas 777 hektare. Namun, embung berkapasitas 101.800 m3 ini juga berfungsi sebagai penyimpan cadangan air strategis selama musim kemarau.

Teknik pemanenan air melalui embung terbukti sangat sesuai untuk daerah kering. Memastikan distribusi air yang efisien dan ketersediaan yang kontinu untuk kebutuhan masyarakat.

Embung Wanakaya hadir sebagai jawaban atas krisis air bagi petani, memberikan dorongan produktivitas dan meningkatkan perekonomian lokal.

BACA JUGA: Gelar Batik Nusantara, Bakal Tampilkan Batik Complongan Indramayu

Sebagai Ruang Publik

Namun, daya tarik Embung Wanakaya tidak hanya terbatas pada fungsi irigasi. Embung ini, sebagai ruang publik, menciptakan destinasi wisata baru yang memesona.

Dengan latar belakang persawahan yang memukau, nuansa alam pedesaan. Serta jogging track yang menawan, Embung Wanakaya berhasil mencuri perhatian di media sosial setelah rampung pembangunannya.

Keberhasilan proyek ini bukan hanya menciptakan dampak positif dalam sektor pertanian dan ekonomi. Namun,  juga membuka peluang baru dalam pariwisata lokal.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas Indramayu yang Nikmat dan Menggoyang Lidah. Kamu Pasti Suka!

Begitu pun Embung Wanakaya bukan sekadar sumber air, melainkan oasis keindahan yang menjadi tujuan wisata yang menyenangkan bagi masyarakat sekitar.

Tak terkecuali,  para pelancong yang mencari pengalaman yang unik. Dengan proyek-proyek seperti ini, Kementerian PUPR bukan hanya membangun infrastruktur.

Tetapi juga mewujudkan keajaiban yang memperkaya kehidupan masyarakat dan memacu pertumbuhan sektor pariwisata di Indramayu. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya