Keindahan Pantai Batu Karas, Surga Selancar 'Bali-nya' Jawa Barat

KLIKNUSAE.com - Menyebut Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat pikiran kita segera melayang ke pesona pantainya yang menawan. Memang, kawasan ini merupakan tempat yang melimpah dengan keindahan pantai yang memukau.

Namun, di antara semua gemerlapnya, Pantai Batu Karas adalah bintang yang bersinar paling terang.

Pantai Batu Karas yang menakjubkan ini tepat berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran.

Dengan julukan "Balinya Jawa Barat," tidak heran jika para wisatawan. Baik lokal maupun internasional, mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

"Pantai Batu Karas ini menduduki urutan kedua, untuk kunjungan wisatawan di Pangandaran. Terlebih, untuk wisatawan mancanegara, kawasan ini menjadi favorit," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pangandaran, Agus Mulyana kepada Kliknusae.com, Senin 18 September 2023.

Agus pun tak menampik, kalau banyak yang menyebutkan pantai ini menjadi Bali-nya Pangandaran. Oleh sebab itu, ia pun berharap pemerintah bisa meningkatkan lagi fasilitas yang ada.

"Kalau infrastruktur menuju ke sana sudah baik ya. Tinggal, fasilitas pendukunga saja yang perlu diperbanyak. Termasuk eventual, yang bisa menarik wisatawan untuk datang," tambah Agus.

Namun, ada yang perlu diperhatikan. Ombak di Pantai Batu Karas termasuk yang paling ganas di antara jejeran pantai selatan di Pulau Jawa.

BACA JUGA: Pelaku UMKM Pangandaran Perlu Didorong agar Berdaya Saing di Tingkat Global

Memiliki Ombak Besar

Pantai selatan memang dikenal dengan ombak yang besar, dan di sinilah para pecinta selancar menemukan surga mereka.

Berdiri di atas ombak besar adalah tantangan yang menggoda, yang mengakibatkan pelancong asing terus kembali untuk merasakannya.

Selain menjadi surga bagi peselancar berpengalaman, Pantai Batu Karas memiliki sebuah teluk kecil yang membuatnya sempurna untuk peselancar pemula dan menengah.

Di sini, peselancar tidak perlu bersusah payah mendayung jauh-jauh ke titik awal gelombang. Ombaknya yang lebih kecil menjadikannya tempat yang ideal untuk belajar berselancar.

BACA JUGA: PHRI Pangandaran Dukung Penuh Subsidi Seat Citilink Ke Nusawiru

Anda bahkan dapat menyewa peralatan berselancar dan mendapatkan bimbingan dari instruktur berpengalaman.

Hanya saja, aktivitas seru di Pantai Batu Karas tidak hanya sebatas berselancar. Anda dapat mencoba wahana banana boat, yang merupakan favorit di pantai ini.

Bermain Jet Ski

Atau, jika Anda ingin menjelajahi keindahan pantai dengan lebih cepat, jet ski adalah pilihan yang tepat.

Pantai Batu Karas juga cocok untuk berkemah. Anda dapat mendirikan tenda di sini dan merasakan suasana alam yang menyegarkan.

BACA JUGA: Hingga H+3 Lebaran 2023, Sudah 300 Ribu Wisatawan Kunjungi Pangandaran

Pantai ini memang family-friendly, cocok untuk dinikmati oleh semua anggota keluarga. Jalan-jalan di sepanjang bibir pantai, berjemur di atas pasir yang lembut.

Dan, berfoto di hutan mangrove adalah aktivitas yang bisa Anda nikmati di sini.

Sementara itu, fasilitas di Pantai Batu Karas sangat lengkap. Termasuk area parkir, penginapan, mushola, kamar mandi, toilet, penyewaan peralatan bermain air,dan  toko cinderamata.

BACA JUGA: Guys, Pantai Karang Nini Pangandaran Makin Keren Lho

Tak terkecuali,  tempat makan yang menyajikan makanan khas Sunda dan hidangan laut.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Batu Karas, Anda perlu membeli tiket masuk. Harganya bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 80.000, tergantung pada jenis tiket yang Anda pilih.

Yang terbaik, Pantai Batu Karas buka setiap hari, selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja dan menikmati keajaiban alamnya yang tiada tara. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya